Teknik akupuntur merupakan teknik yang dipakai untuk menyembuhkan atau mengurangi rasa sakit pada manusia. Akupuntur biasanya menggunakan jarum-jarum akupuntur yang disuntikkan dalam tubuh manusia, sehingga masalah seperti nyeri otot dan sendi bisa hilang. Teknik ini diketahui sebagai cara pengobatan kuno yang berasal dari Tiongkok.

Tapi kini tak hanya manusia saja yang bisa di akupuntur untuk kesembuhan, hewan pun bisa di akupuntur. Seorang dokter hewan ahli akupuntur asal Madrid, Spanyol menyembuhkan burung hantu yang teruka dengan akupuntur.

Dikutip dariĀ wowkerencom (Rabu, 17/12/2014), seekor burung hantu jenis Athene Noctua terluka ketika sedang melintas melewati cerobong asap yang dimiliki oleh sebuah pabrik di wilayah Madrid Timur. Wilayah ini memang terkenal dekat dengan dataran tinggi pegunungan yang penuh burung hantu.

Burung hantu yang terluka tersebut kemudian dibawa ke Brinzal, sebuah badan amal penyelamatan burung hantu yang bermarkas di sebelah barat kota Madrid. Cornejo adalah seorang dokter yang berhasil menerapkan akupuntur pada burung hantu.

Caranya adalah empat jarum halus ditusukkan ke dalam kaki burung hantu yang terluka. Sebanyak 10 sesi akupuntur harus dijalani burung hantu tersebut agar dapat pulih seperti sedia kala. Total telah sepekan burung hantu itu menjalani perawatan akupuntur. Cara ini merangsang mekanisme penyembuhan pada tubuh. Cornejo mengatakan tidak ada efek samping yang akan terjadi pada burung hantu tersebut.

akupuntur pada burung hantu
akupuntur pada burung hantu

“Ketika ia pertama kali datang, dia tidak bisa berdiri. Lalu ia mulai mengambil langkah-langkah kecil dan sekarang dia bisa terbang lagi,” ujar Cornejo.

Cornejo menambahkan teknik ini sangat direkomendasikan untuk penyembuhan pada hewan. Akupuntur bisa menyelesaikan masalah persendian, baik untuk saraf, kulit serta pernapasan. Selain itu juga dapat mengatasi masalah yang terjadi pada usus.(dea)