Beberapa hari belakangan ini tampaknya fans band NOAH sedang dibuat bingung dan sedih dengan kabar kalau drummer NOAH, yaitu Reza, akan hengkang dari NOAH. Kabar itu berawal dari tagar #RezaNOAHMoment yang belakangan menggema di situs-situs jejaring sosial, terutama Twitter. Kini kabar tersebut sudah jelas, Reza resmi akan hengkang dari band yang sebelumnya bernama Peterpan itu.

Alasan Reza hengkang dari NOAH adalah untuk mendalami agama Islam lebih baik lagi. “Saya mau mencoba hidup yang lurus. Bukan berarti saya udah lurus atau benar, tapi pengin mencoba hidup yang benar. Selama ini saya mungkin yang hidup dengan hingar bingar dan segala macam, saat sekaranglah kita butuh perubahan,” ucap Reza kepada sebuah tayangan infotainmen.

Ditambahkan Reza, keinginan untuk hengkang dari NOAH sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun demikian, butuh waktu baginya untuk benar-benar memantapkan niat dan mendapat  restu dari Ariel,  Uki, Lukman, dan David selaku rekan-rekannya di band tersebut.

“Sebelumnya saya berpikir, buat ngomong saja ke anak-anak dan ke teman-teman, itu berat, butuh dua tahun. Jadi selama dua tahun saya coba, dan kayaknya untuk saya pribadi saya nggak bisa deh, saya harus pilih A atau B, kalau A ya A, B ya B. Kalau harus jalanin keduanya saya angkat tangan deh, saya nyerah,” pungkas Reza seperti dilansir dari Liputan6com, Sabtu (20/12/2014).

Sementara itu, Uki menganggap kalau keputusan Reza itu adalah suatu hal yang harus dihormati. Terlebih, meskipun saat ini NOAH sudah menjadi salah satu band papan atas di Tanah Air, hampir kesemua personil lahir dari persahabatan yang didasari hobi yang sama.

“Ini bukan pekerjaan sih, dari dulu musik kan buat kitanya hobi. Pasti suatu saat juga kita sadar kalau ada kejenuhan. Kayak waktu tahun 2009 ada yang pengin libur dulu satu tahun, mau nggak mau kita ikutin ya, harus kompak. Terus waktu itu Ariel harus juga istirahat dulu satu atau dua tahun, ya kita jalanin saja sih, maksudnya jangan lupa bahwa dasarnya ini adalah hobi. Jadi kalau memang diberhentiin yah santai saja, jangan dibawa beban,” jawab Uki.

“Selama anaknya bisa menganggap kalau band ini sebagai sesuatu yang fun, akan tetep fun sih, tetapi kalau sudah mulai serius, dengan target-target yang harus kekejar, dijadiin beban, pasti di saat itu band itu perlahan-lahan mulai turun,” tambahnya.

Keputusan Reza untuk bisa mendalami agama Islam itu, dirasa seolah mengikuti jejak Sakti, mantan gitaris Sheila on 7. Kala itu, pemilik nama asli Saktia Ari Seno itu mengundurkan diri dari band pada tahun 2006.

Sakti sempat menimba ilmu ke Pakistan dan mengubah penampilannya menjadi lebih Islami. Ia lalu menumbuhkan janggut sambil mengenakan baju gamis lengkap dengan peci. Bahkan, ia turut mengganti namanya menjadi Salman Al-Jugjawy.

“Jadi nama Salman dari kiyai saya, Salman artinya selamat, Jugjawy artinya dari Jogja. Jadi artinya Salman dari Jogja,” ungkap Sakti dalam wawancara di Cawang, Jakarta Timur, pada tahun lalu.

Akan tetapi, jiwa Sakti sebagai seorang musisi tak hilang. Ia lalu memilih jalur musik sebagai salah satu cara berdakwahnya. Bersama Eross, rekannya di Sheila On 7 dulu, pria kelahiran 14 Juni 1980 itu pun menggarap lagu religi. (tom)