Mungkin sebagian besar dari kita lebih menggemari film superhero atau film yang bertema heroik. Selain ingin melihat aksi superhero idola kita dengan efek yang canggih, ada juga pesan moral yang bisa kita ambil dari film tersebut. Meski demikian, tak semua film itu menuai kesuksesan. Ada juga yang awalnya dibuatkan sekuelnya, namun pada akhirnya dibatalkan sekuelnya. Dilansir dari Kaskus, Sabtu (20/12/2014), berikut ada 7 sekuel film yang gagal dibuat sekuelnya.

1. Superman 5 (Superman V)

Superman V
Superman V

Rumor adanya “Superman V” ini sempat mencuat. Lebih heboh lagi, tokoh Clark Kent akan diperankan oleh Nicholas Cage, dan tokoh antagonisnya, Brainiac, akan diperankan oleh Jim Carrey. Bahkan di film tersebut Superman akan dibantu oleh Batman yang diperankan kembali oleh Michael Keaton. Namun setelah dibuat konsepnya, pihak sineas dikatakan tidak tertarik dengan jalan ceritanya. Sehingga “Superman V” tidak dilanjutkan dan diganti dengan judul “Superman Returns” yang diperankan oleh Brandon Routh dan musuhnya tetap Lex Luthor.

2. Batman 5 (Batman Triumphant)

Batman Triumphant
Batman Triumphant

Setelah “Batman & Robin” rilis pada tahun 1997, rencananya Warner Bros akan melanjutkan sekuelnya berjudul “Batman Triumphant”. Menurut rumor, film itu tetap akan diperankan George Clooney dan Chris Oâ??Donnel, ditambah Jeff Goldblum sebagai Scarecrow, karena memang dalam jajaran musuh Batman yang belum dimunculkan ke layar lebar tinggal Scarecrow, Raâ??s Al Ghul, Killer Croc, Clay Face, Man-Bat, Phantasm, dan Harley Quinn. Namun akhirnya film tersebut tidak jadi dibuat dan digantikan dengan trilogi “The Dark Knight”.

3. Wonder Woman

Wonder Woman
Wonder Woman

Masih dari kubu DC Comics, rumornya film “Wonder Woman” akan dibuatkan film live action sejak awal tahun 2000-an, bahkan ada gosip yang menyebutkan bahwa tokoh Wonder Woman akan diperankan oleh Sandra Bullock. Sudah 12 tahun berlalu film belum juga terealisasi sampai rumor berkembang pemerannya akan diganti dengan Megan Fox.

4. Spider-Man 4

Spider-Man 4
Spider-Man 4

Rencananya sekuel film “Spider-Man” akan tetap diperankan Tobey Maguire, bahkan sudah ada konsep untuk musuh yang akan dimunculkan adalah Carnage, The Lizard, dan Black Cat. Menurut rumor Sam Raimi yang menyutradari film trilogi “Spider-Man” tersebut enggan melanjutkan karena tidak cocok dengan jalan cerita yang disajikan. Sehingga sekuel tokoh Spider-Man bernasib sama seperti Batman, bahkan lebih tepatnya remake atau di-reboot menjadi kisah yang berbeda sama sekali berjudul “The Amazing Spider-Man” yang dibintangi oleh Andrew Garfield.

5. Spawn 2: Hell On Earth

Spawn 2: Hell on Earth
Spawn 2: Hell on Earth

McFarlaneâ??s Comic berencana melanjutkan sekuel film “Spawn” yang dirilis pada tahun 1997 oleh New Line Cinema dibintangi Michael Jai White. Konon “Spawn” adalah komik pertama yang menampilkan superhero kulit hitam, sehingga memiliki kesan tersendiri bagi para fans komik superhero. Tapi, reaksi kritikus dan penonton yang kebanyakan tak suka film ini usai menonton membuat produser takut untuk melanjutkan kisahnya.

6. Eragon 2: Eldest

Eragon 2: Eldest
Eragon 2: Eldest

Setelah “Harry Potter”, “The Lord of the Rings”, dan “The Chronicles of Narnia”, Hollywood mencari novel apa yang bisa diangkat ke film. Fox bernafsu membeli hak memfilmkan novel fantasi karya Christopher Paolini ini. Dengan budget USD 100 juta, Eragon yang dibintangi Ed Speleers berada di luar harapan dengan penghasilan USD 75 juta di Amerika saja dan USD 250 juta dari seluruh dunia. Sambutan dingin dari penonton membuat masa depan film ini terbengkalai.

7. Mortal Kombat 3 (Mortal Kombat Devastation)

Mortal Kombat Devastation
Mortal Kombat Devastation

Film “Mortal Kombat” rilis pada tahun 1995. Film pertamanya dibintangi oleh Christopher Lambert dan disutradarai Paul Anderson. Kemudian pada tahun 1997, dibuatlah sekuelnya dengan judul “Mortal Kombat Annihilation”. Tetapi kesalahan fatal dilakukan dengan mengganti sutradara menjadi John R. Leonetti, sehingga membuat film yang kedua ini tidak sebagus film pertamanya. Film ketiga pun disiapkan dengan kembali â??merangkulâ? Paul Anderson, tapi film sekuel tersebut tidak pernah terealisasi hingga sekarang karena Paul Anderson dikatakan tidak berminat melanjutkan sekuel Mortal Kombat dan lebih tertarik menyutradarai film “Alien vs Predator” (pada waktu itu). (tom)