Mungkin selama ini Anda hanya mengenal satu jenis cinta saja, tapi sebenarnya jika diururtkan berdasarkan jenisnya, cinta itu memiliki beberapa jenis. Cinta tak hanya berlaku pada sepasang kekasih saja, tapi bisa juga terhadap teman, sahabat, dan orang tua.

Dikutip dari Vemale (Selasa, 23/12/2014), berikut ini lima jenis cinta yang diambil dari Teori Cinta Segitiga oleh Robert Sterneberg. Yang manakah Anda?

1. Passion

Passion atau gairah muncul dari kebutuhan biologis manusia. Menurut Sternberg, cinta terbentuk dengan adanya interaksi biologis dari lawan jenis untuk memnuhi kebutuhan biologisnya. Hal tersebut merupakan elemen motivasional yang didasari oleh dorongan yang timbul dari dalam diri manusia dan bersifat seksual.

2. Intimacy

Komponen keintiman ini terbentuk melalui interaksi emosional dari perasaan seseorang untuk saling melengkapi satu sama lain. Elemen emosi adalah kepercayaan, kehangatan, dan rasa ingin untuk membina a hubungan satu sama lain. Jika sudah merasa seperti ini seseorang akan selalu rindu terhadap pasangannya bila lama tidak bertemu, senang berdekatan dengan pasangannya, atau senang mengobrol alam-lama.

3. Commitment

Jika sudah membicarakan soal komitmen adalah bagaimana menjaga dan tetap menjalankan suatu hubungan agar tetap bersama dalam kurun waktu tertentu. Komitmen adalah sesuatu yang biasanya menuntut sebuah kepercayaan yang lebih agar sebuah pasangan bisa terus bersama-sama dan mencapai tahap yang lebih serius lagi.

4. Liking

Jenis cinta ini terjadi dalam hubungan pertemanan. Jenis ini mengedepankan komponen keintiman dan emosional. Jenis inilah yang biasanya membuat pertemanan semakin langgeng, biasanya komponen lainnya juga akan turut merangsang.

5. Fatous Love

Jenis cinta ini memiliki dua komponen utama yang penting yakni gairah dan komitmen. Biasnaya terjadi pada hubungan suami-istri yang telah membina rumah tangga namun sedang mengalami kejenuhan. Keduanya tetap saling memenuhi kebutuhan biologis disamping tetap mempertahankan komitmen rumah tangga mereka agar tetap langgeng.(dea)

Jadi Anda termasuk jenis cinta yang mana?