Jika di Indonesia memiliki candi Borobudur dan Prambanan yang telah mendunia.. Tiongkok pun rupanya mempunyai juga candi yang tak kalah bersejarah dan unik dari Borobudur. Candi tersebut adalah Candi Goa Buddha Longmen Grottoes.

Candi ini terletak di pinggir Sungai Yi, 12 kilometer ke arah selatan kota Luoyang, Provinsi Henan. Candi ini memiliki goa sebanyak 1.350 buah dan 40 pagoda.

Dikutip dari Amusing Planet (Selasa, 23/12/2014), pembangunan candi ini sudah ada sejak 493 masehi pada masa pemerintahan Kaisar Xiaowen. Pembangunan candi terus berlanjut hingga ke enam dinasti, dalam rentang waktu lebih dari 400 tahun.

Di sini pun terdapat sekali banyak patung buddha, mulai dari yang paling kecil berukuran satu inchi hingga yang paling besar setinggi 17 meter.  Pada awalnya goa ini memiliki bentuk yang sederhana. Tapi masuk ke dinasti Tang, bangunan candi menjadi lebih komplek dengan memasukkan wanita serta tokoh pengadilan dalam ukirannya.

Goa yang paling tua yang ada di candi ini adalah Guyangdong, yang terletak di tengah-tengah lantai selatan West Hill. Ukiran-ukiran yang ada di goa ini merupakan hasil karya Kaisar Xiaowen yang berupa bangsawan, pejabat, dan tokoh agama. Goa dengan kondisi paling bagus dan terjaga hingga saat ini adalah Huangfugong, terletak di sebelah selatan dari West Hill.

Keberadaannya yang sangat bersejaah ternyata dapat banyak kesulitan dan pertentangan. Mulai dari abad ke-9, ke019, dan ke-20. Banyak prasasati dan benda-benda yang ada di dalam goa tersebut dicuri dan akhirnya berpencar sampai ke luar area goa. Sebagian peninggalan bersejarah dari goa ini ada di Metropolitan Museum of Art di New York, Atkinson Museum di Kansas City dan Museum Nasional Tokyo. NNamun kini bangunan bersejarah ini dilindungi oleh UNESCO sejak tahun 2000.(dea)