Berwisata ke taman kota kini kembali digemari oleh banyak orang, apalagi bila taman kota yang dituju adalah sebuah taman kota yang bersih, dan terawat. Salah satunya adalah Hutan Kota Tebet. Kamu bisa ke ini untuk bisa merasakan kesejukan di tengah kota Jakarta yang panas.

Di Hutan Kota Tebet, kita dapat mengajak anak-anak menikmati rindangnya pepohonan sambil berolahraga ringan. Anak-anak juga bisa membawa sepeda kecilnya untuk ikut mengelilingi taman. Walaupun disebut dengan “Hutan” namun suasananya lebih mirip sebagai taman jogging di antara pepohonan rindang.

Lokasi Hutan Kota Tebet ini berada ada di belakang Pom Bensin Pertamina yang berada di jalan Gatot Subroto ke arah Cawang (setelah mini mall Tebet Green). Dilansir dari Liburananakcom, Kamis (25/12/2014), kawasan ini adalah hutan buatan di tengah pemukiman Tebet, sehingga memberi keteduhan di daerah tersebut.

Selain sebagai tempat berolahraga, di hutan ini pun warga sering berinteraksi,atau sekedar duduk-duduk. Sayangnya walaupun sering dijadikan tempat berkumpul, toilet di taman ini belum memenuhi syarat kebersihan yang layak, jadi terpaksa kita harus mencari toilet tempat lain bila kita berkepentingan untuk ke toilet.

Karena banyaknya pepohonan rindang maka walaupun kita datang agak siang, suasana sejuk masih sangat terasa. Akan lebih baik lagi bila kita datang pagi hari dimana udara lebih segar dan kita dapat mendengar kicauan burung yang baru mulai keluar dari sarangnya di atas pepohonan.

Menurut penjaga disini panjang lintasan bila kita mengelilingi Hutan Kota Tebet adalah sekitar 1,5 km. Lintasan itu cocok bagi kamu yang ingin membakar kalori di dalam tubuh kamu.

Di bagian tertentu hutan kota Tebet kita juga bisa menemui tanaman-tanaman hias yang diatur rapih dalam polybag dan terpelihara dengan baik. Uniknya, tanaman-tanaman hias ini bisa kita dapatkan secara gratis. Syaratnya hanya dengan mengirim surat ke Kelurahan Tebet untuk mendapatkan persetujuan dan prosesnya pun bebas biaya.

Bila datang ke hutan kota ini, jangan lupa bawa sepeda & sepatu roda untuk anak, stroller (untuk bayi/balita), ataupun tikar untuk duduk-duduk sejenak ditaman. Walaupun isinya hanya pohon dimana-mana, namun tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan.

Ada baiknya kita juga membawa minuman, handuk kecil, tisu dan cairan antiseptik pencuci tangan untuk anak-anak. Setelah berolahraga ringan, jangan lupa untuk mencoba berwisata kuliner di berbagai resto dan kafe unik yang banyak terdapat di daerah Tebet.

Khusus untuk sarapan pagi di dekat taman, kita bisa mencoba Bubur Ayam Sukabumi di daerah dekat pasar tebet (buka 24 jam) atau Coffee Bean di Tebet Indraya Square (buka mulai jam 8 pagi lengkap dengan menu breakfast). Jadi, tertarik untuk ke sini juga? (tom)