Dalam dunia musik, ada kalanya para pecinta musik harus berduka karena idola mereka harus meninggal dunia. Lebih miris lagi, ada juga musisi yang harus meninggal di usia yang relatif muda. Dilansir dari blog Yogifales, Jumat (26/12/2014), berikut adalah 5 musisi legendaris yang meninggal di usia muda, tepatnya pada usia 27 tahun.

1. Janis Joplin

Janis Joplin
Janis Joplin

Di puncak karirnya, Janis Joplin dikenal sebagai Ratu Rock and Roll dan Ratu Psychedelic Soul. Joplin ditemukan tewas oleh manajernya, John Cooke, di Hotel Landmark Motor, Los Angeles. Penyanyi itu diketahui kecanduan heroin dan diyakini mampu menyuntikkan benda berbahaya itu seharga USD 200 sehari. Akhirnya, heroin pula yang mengakhiri hidup dan karirnya, seperti laporan resmi yang dikeluarkan rumah sakit. Janis Joplin lahir pada tahun 1943 dan meninggal pada tahun 1970.

2. Jimi Hendrix

Jimi Hendrix
Jimi Hendrix

Jimi Hendrix, hingga saat ini selalu dianggap sebagai salah satu gitaris terbaik dalam sejarah musik dunia.
Musisi yang terlahir dengan nama Johnny Allen Hendrix pada tahun 1942 itu meninggal dunia di London, pada tanggal 18 September 1967 pagi. Dari hasil otopsi dan pernyataan teman-temannya yang bertemu dengan Hendrix pada tanggal 17 September malam maka diperkirakan Jimi Hendrix diperkirakan meninggal sekitar pukul 3.00 dini hari. Penyebab kematiannya diduga karena Hendrix tercekik muntahannya sendiri.

3. Jim Morrison

Jim Morrison
Jim Morrison

Pendiri dan vokalis utama The Doors ini, dikenal dengan improvisasinya dan puisi-puisinya yang kerap dibacakan di atas panggung. James Douglas Morrison, lahir pada tahun 1943 dan ditemukan meninggal dunia di flatnya di Paris pada tanggal 3 Juli 1971. Tidak ada pernyataan resmi soal penyebab kematian Morrison. Sebab, tim kesehatan yang dipanggil di kediaman sang musisi tidak menemukan bukti adanya penggunaan obat-obatan terlarang. Akhirnya, penyebab kematian musisi berjuluk The Lizard King itu diyakini akibat serangan jantung.

4. Kurt Cobain

Kurt Cobain
Kurt Cobain

Musisi dan penulis lagu asal Amerika Serikat ini dikenal sebagai vokalis utama grup band beraliran grunge, Nirvana. Cobain yang lahir pada tahun 1967 ini diketahui kecanduan obat-obatan terlarang dan tengah melawan depresi berat yang dideritanya. Pada tahun 1994, seorang ahli listrik yang datang untuk memasang sistem keamanan di kediaman Cobain, menemukan jasad sang musisi. Di dada Cobain, ditemukan sebuah senapan dan polisi menyimpulkan Cobain tewas akibat bunuh diri.

5. Brian Jones

Brian Jones
Brian Jones

Brian Jones adalah gitaris dari band The Rolling Stones. Dia lahir pada tahun 1942 dan meninggal pada tahun 1969. Empat puluh tahun setelah kepergian Brian Jones, misteri penyebab tewasnya sang gitaris ini kembali diselidiki oleh pihak kepolisian. Investigasi ulang ini dilakukan seiring dengan ditemukannya barang bukti baru berupa dokumen yang berisi mengenai petunjuk atau informasi tentang kematian rockstar ini, namun belum ada rincian lebih jelas. (tom)