Hari ini, tepatnya 26 Desember 2014, masyarakat Indonesia memperingati 10 tahun musibah terbesar yang terjadi di Tanah yakni tsunami. Jika menengok 10 tahun ke belakang, kala itu tsunami besar telah meluluh lantakkan Provinsi Aceh pada 26 Desember 2004 silam.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 200 ribu lebih korban jiwa akibat terkena musibah ini. Tak hanya wilayah Aceh, pulau Sumatra juga menjadi kawasan terparah yang dilanda tsunami. Sedikitnya 130.000 orang tewas di kawasan ini.

Tsunami Aceh memang memberikan duka mendalam bagi rakyat Indonesia. Bagaimana tidak? Nyawa anak-anak kecil dan kaum wanita melayang lantaran tidak terselamatkan dari bencana mengerikan itu. Belum lagi para lansia yang jasadnya ikut terseret oleh gelombang laut yang menerpa provinsi Aceh.

Peristiwa ini pun menimbulkan dampak kerugian materi dan moril bagi para korbannya. Selain ratusan ribu nyawa, fasilitas umum di provinsi yang terkena tsunami pun hancur berantakan. Jalan raya, sawah, perumaha, pantai kala diterjang tsunami mau tak mau luluh lantak akibat kerasnya gelombang laut yang menyapu kawasan itu.

Pasca tsunami, Provinsi Aceh seolah berbenah diri dalam membereskan serpihan puing-puing kerusakan yang ditinggalkan dari bencana alam itu. Para warga pun bergotong royong membuat Provinci Aceh kembali ke sedia kala. Terbukti, fasilitas umum yang tadinya berantakan, kini sudah mulai membaik.

Di bawah ini terdapat foto-foto menakjubkan dari berbagai fasilitas umum di Aceh yang sudah mengalami perubahan drastis usai tsunami berskala 9,1 skala Richter menerjang kawasan itu. Salah satu perubahan drastis bisa terlihat dari sebuah Masjid yang berlokasi di Lampuuk, Banda Aceh.

Saat tsunami terjadi di wilayah ini, hanya Masjid ini yang masih bertahan dan berdiri kokoh. Tak heran jika banyak warga yang melarikan diri sembari mengungsi di tempat ibadah ini. Pasca dilanda tsunami, di sekeliling masjid tertata dengan tanah dan berwarna cokelat. Pemandangan pantai biru bisa terlihat jelas di belakang masjid.

Fasilitas lainnya yakni jalan raya juga sudah tertata rapi usai tsunami terjadi. Awalnya, jalan raya di Provinsi Aceh hancur karena diterpa oleh gelombng tsunami, tetapi kini jalan raya itu sudah direnovasi hingga menjadi bagus dan bisa dilewati oleh warga Aceh.

Ternyata, tak hanya Indonesia saja yang memperingati 10 tahun musibah tsunami. Negara lain seperti Thailand dan Sri Lanka juga ikut melakukan upacara guna memperingati 10 tahun peristiwa tsunami.

Dilansir berbagai sumber, Kamis (26/12/2014), berikut adalah sejumlah foto-foto menakjubkan usai peristiwa tsunami Aceh.