Drummer adalah istilah yang digunakan untuk pemain drum. Drum merupakan root dari musik, sehingga wajar jika drum menjadi salah satu alat musik yang populer setelah gitar. Dilansir dari Kaskus, Jumat (26/12/2014), berikut adalah 5 drummer Indonesia terbaik.

1. Eno Netral

Eno Netral
Eno Netral

Eno Gitara Ryanto lahir di Jakarta, 11 Oktober 1979. Drummer dari band Netral ini memiliki penampilan modis, yaitu rambut mohawk dan aksi panggung yang begitu enerjik. Sosoknya merupakan suntikan darah baru kepada band yang memang telah memiliki massa lumayan banyak tersebut. Alat musik yang pertama kali dikuasainya bukanlah drum, melainkan gitar.

2. Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan
Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan yang lahir di Bandung, 30 Mei 1963 adalah drummer senior indonesia. Gilang Ramadhan adalah satu-satunya drummer Indonesia yang di sponsori oleh Zildjian, perusahaan simbal dari Amerika Serikat sejak tahun 1992 sampai sekarang. Perusahaan drum terbesar dari Jepang yaitu Yamaha, juga memberikan kepercayaan padanya. Gilang juga mengoleksi berbagai alat musik tradisional seperti Gendang Bali, Gendang Sunda, Rebana, Tifa, serta jenis alat tetabuhan tradisional Indonesia lainnya. Tak hanya mengoleksi, gilang juga mempelajari sifat dan warna tiap alat musik tersebut.

3. Jerinx SID

Jerinx SID
Jerinx SID

I Gede Ari Astina lahir di Kuta, atau dikenal sebagai Jerinx 10 Februari 1977 adalah drummer dari grup musik Punk asal Bali, Superman Is Dead. Pola bermain drum yang cenderung agresif dari Jerinx, membuat musikalitas musik Superman Is Dead semakin tinggi. Pria yang memiliki banyak tato ini, merupakan pribadi yang multi talenta. Tidak hanya bisa bermain drum, Jerinx, juga merupakan vokalis dan gitaris di band DevildiceBali.

4. Yoyo Padi

Yoyo Padi
Yoyo Padi

Surendro Prasetyo yang lebih dikenal dengan Yoyo Padi adalah drumer dan juga salah satu pendiri grup band Padi. Yoyo yang lahir di Jakarta, 29 November 1975 telah bermain drum sejak kelas 3 SD. Bahkan pada usia 13 tahun, Yoyo telah meraih gelar Best Drummer dalam Festival Band Se-Jawa-Bali. Yoyo yang kini di-endorsed oleh drum Tama dan Cymbal Sabian ini juga meraih gelar drummer terbaik se-Indonesia pada 1998. Sayang dirinya sempat tersangkut kasus narkoba.

5. Gusti Hendy

Gusti Hendy
Gusti Hendy

Gusti Erhandy Rakhmatullah atau Gusti Hendy lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada tanggal 10 Maret 1980. Dia adalah drummer dari grup musik GIGI. Hendy yang asli berdarah Banjar ini mulai dikenal masyarakat luas saat bergabung dengan band GIGI pada tahun 2005. Mantan drummer band Omelette ini merupakan drummer indonesia yang berkarakter, memiliki pukulan yang kuat dan skill yang tinggi. (tom)