Seorang mantan pesepakbola asal Inggris, Rory Curtis mengalami kejadian unik dalam hidupnya. Dia secara tragis mengalami kecelakaan mobil di Kota Staffordshire, Inggris. Dia cedera otak serius dan patah tulang panggul. Akibatnya dia harus koma selama enam hari. Ajaibnya, dirinya kemudian tersadar dari koma. Namun bukan hal itu saja yang ajaib.

Rory Curtis
Rory Curtis

Setelah tersadar dari koma, Rory tiba-tiba lancar alias fasih berbahasa Perancis dan mengajak ngobrol perawat rumah sakit tempat dia dirawat dengan menggunakan bahasa Perancis. Tentu saja kisah unik ini membuat orang yang melihatnya heran. Rory diketahui tidak pernah berkomunikasi dalam bahasa Prancis selama 12 tahun. Rory juga diketahui hanya beberapa kali mengikuti kelas bahasa Perancis selama masa sekolahnya.

Lebih membingungkan lagi, mantan pemain klub Stourport Swifts ini mengira dirinya adalah seorang aktor peraih Piala Oscar, Matthew McConaughey. “Aku tidak ada ingatan di kepala. Aku pikir akulah dia. Saya melihat diriku di cermin dan terkejut,” ujar Rory seperti dilansir dari Daily Mail, Sabtu (27/12/2014). Bahkan saking yakinnya Rory kalau dirinya seorang aktor, dia mengakui dirinya sudah tak sabar keluar dari rumah sakit dan kembali melakukan syuting film.

Ibu Rory, Vera, mengatakan mereka tak sedikit pun memiliki garis keturunan dari bangsa Perancis. Meski demikian, dia menerima hal itu sebagai anugerah luar biasa. “Otak memiliki hal yang luar biasa. Tak ada yang bisa menjelaskan kenapa ini semua bisa terjadi,” ujar Vera.

Dokter menemukan otak Rory menderita pendarahan. Dia kembali dirawat intensif selama beberapa pekan. Para medis berhasil memperbaiki ingatannya dan meyakinkan Rory bukan seorang aktor. Namun mereka tak bisa mengubah kemampuan berbahasa Prancis Rory yang sudah sangat fasih. (tom)