Saat seperti sekarang ini banyak yang gemar melakukan selfie. Selfie alias memotret diri sendiri sudah ada sejak lama, dan diduga pertama kali dilakukan oleh Grand Duchess Anastasia Nikolaevna, putri keempat Tsar Rusia Nicholas II pada 1913, 5 tahun sebelum kematiannya yang tragis. Kala itu ia menggunakan Kodak Brownie, kamera yang dirilis pada tahun 1900, dengan sebuah cermin.

Semakin berkembangnya teknologi juga membuat selfie menjadi fenomena global. Seluruh dunia melakukannya, dari kalangan orang biasa hingga pejabat. Hasil bidikan foto narsis itu membanjiri internet dan jejaring sosial. Namun, sejumlah hasil jepretan justru menuai kontroversi karena dilakukan pada waktu dan tempat yang tak sepatutnya. Berikut ini ada beberapa foto selfie yang tak patut dicontoh, dikutip dari Daily Mail, Sabtu (27/12/2014).

Selfie di depan peti mati kerabat
Selfie di depan peti mati kerabat

Foto pertama di atas adalah seorang pemuda yang melakukan selfie di depan peti mati kerabatnya. Dia dinilai tidak patut melakukan selfie, karena berada di dalam suasana duka.

Selfie di lokasi penyanderaan
Selfie di lokasi penyanderaan

Berikutnya ada selfie yang baru-baru ini terjadi. Salah satu orang tanpa merasa bersalah melakukan selfie di lokasi penyanderaan di sebuah cafe Martin Place, kawasan bisnis Sydney, Australia. Penyanderaan selama 16 jam pada Selasa 16 Desember 2014 itu berakhir dengan tewasnya 3 orang, termasuk pelaku.

Selfie saat kebakaran
Selfie saat kebakaran
Selfie saat kebakaran
Selfie saat kebakaran

Lalu ada orang yang dengan senyum lebarnya melakukan selfie, padhaal saat itu di belakangnya sedang terjadi kebakaran. Sementara itu ada satu orang pemuda lagi melakukan selfie saat sedang terjadi kebakaran. Hanya saja pemuda yang satu lagi ini memasang muka serius.

Selfie di tempat yang kurang tepat
Selfie di tempat yang kurang tepat

Selanjutnya ada dua foto. Foto pertama memperlihatkan wanita sedang selfie di depan kamp konsentrasi Auschwitz milik Nazi, yang di masa lalu menjadi lokasi pembantaian rasial, salah satu bukti kejahatan yang tak terbantahkan yang pernah dilakukan oleh manusia. Sementara, foto yang kanan, menunjukkan 2 perempuan muda yang mungkin lupa mereka sedang berada di monumen peringatan pembantaian kaum Yahudi di Eropa.

Selfie setelah kecelakaan pesawat
Selfie setelah kecelakaan pesawat

Foto di atas memperlihat seorang laki-laki sedang selfie di tengah laut. Sekilas memang tidak ada masalah, namun sebenarnya foto itu diambil setelah dirinya mengalami kecelakaan pesawat di tengah laut dekat Hawaii. Kecelakaan itu menelan 1 korban jiwa.

Selfie di jembatan Brooklyn
Selfie di jembatan Brooklyn

Perempuan pada foto di atas berfoto selfie dengan latar belakang Brooklyn Bridge di New York, Amerika Serikat. Ia mungkin tak sadar seseorang sedang berniat bunuh diri di belakangnya.

Selfie saat sedang ada operasi
Selfie saat sedang ada operasi

Foto yang satu ini lebih tidak kenal tempat dan waktu lagi. Saat sedang ada operasi di belakangnya, wanita ini malah selfie.

Selfie bersama abu nenek
Selfie bersama abu nenek

Untuk foto yang satu ini yang jadi masalah bukanlah latarnya, melainkan objek yang selfie bersama wanita itu. Yang dipegangnya itu merupakan abu dari sang nenek yang telah meninggal.

Selfie dalam pesawat berasap
Selfie dalam pesawat berasap

Saat kabin pesawat dipenuhi asap, pria ini tetap tenang demi foto selfie yang keren.

Selfie saat orang lain kesulitan
Selfie saat orang lain kesulitan

Pemuda yang ada di latar belakangnya terlihat sedang kesulitan, namun pria ini tetap berselfie sambil tersenyum lebar.

Itulah beberapa selfie yang tidak patut dicontoh. Lakukanlah selfie di waktu dan tempat yang tepat. (tom)