Inspirasi dalam bermusik bisa datang dari mana dan apa saja. Tak hanya dari kisah sang musisi sendiri, tapi pengalaman orang lain juga bisa menjadi sumber yang digali untuk menciptakan sebuah lagu yang fenomenal. Dilansir dari Detikcom, Minggu (28/12/2014), berikut adalah 5 lagu yang terinspirasi dari tokoh nyata.

1. Hey Jude (The Beatles)

The Beatles - Hey Jude
The Beatles – Hey Jude

Penikmat musik di seluruh dunia sepertinya sudah tak asing lagi dengan lagu “Hey Jude” milik The Beatles. Lagu fenomenal tersebut ternyata diambil dari tokoh nyata yaitu anak dari John Lennon. Paul McCartney sebagai sosok yang menulis lagu tersebut yang menggambarkan kisah anak Lennon bernama Julian setelah perceraian Lennon dan Cynthia pada tahun 1968 lalu. Kisah tersebut seperti menjadi ‘nyawa’ sendiri untuk melejitkan lagu tersebut.

2. God Save The Queen (Sex Pistols)

Sex Pistols - God Save The Queen
Sex Pistols – God Save The Queen

Memasuki era 70-an, grup band Sex Pistols sempat mencuri perhatian dunia lewat musik punk yang mereka usung. Salah satu lagu yang begitu menggema adalah “God Save The Queen”. Lagu tersebut tak lain terinspirasi dari tokoh nyata yaitu Ratu Elizabeth. Lagu tersebut dipersembahkan untuk Sex Pistols untuk Ratu Elizabeth.

3. Candle in the Wind (Elton John)

Elton John - Candle in the Wind
Elton John – Candle in the Wind

Lagu ini menjadi salah satu lagu Elton John yang paling laris yang pernah dirilis. Lagu tersebut pun ternyata juga terinspirasi dari tokoh nyata. Tokoh tersebut tak lain adalah Marilyn Monroe. Lagu tersebut dibuat Elton untuk mengenang sosok Monroe.

4. Brown Sugar (The Rolling Stones)

The Rolling Stones - Brown Sugar
The Rolling Stones – Brown Sugar

Lagu ini kabarnya terinspirasi dari sosok bernama Marsha Hunt. Marsha sendiri disebut sebagai istri ‘rahasia’ dari vokalis The Rolling Stones, Mick Jagger.

5. Maybe I’m Amazed (Paul McCartney)

Paul McCartney - Maybe I'm Amazed
Paul McCartney – Maybe I’m Amazed

Paul McCartney juga sempat membuat lagu yang cukup fenomenal yang diambil dari tokoh nyata, yaitu mantan istrinya Linda. Lagu tersebut berjudul “Maybe I’m Amazed” dan bercerita bagaimana Linda ‘membantu’ Paul untuk keluar dari grup band The Beatles. (tom)