Puncak gunung selalu menjadi tujuan para pendaki gunung. Di puncak gununglah segala keindahan alam dari ketinggian dapat dinikmati oleh mata dan dirasakan oleh hati. Itulah sebagian kecil dari karya Tuhan Yang Maha Perkasa untuk makhluknya di Bumi ini. Dilansir dari Kaskus, Minggu (28/12/2014), berikut adalah 5 puncak terindah di Indonesia.

1. Puncak Jaya, Papua

Puncak Jaya
Puncak Jaya

Yang termasuk ke dalam salah satu puncak gunung terindah adalah Puncak Jaya, Papua. Gunung yang termasuk ke dalam Barisan Sudirman ini mempunyai ketinggian 5.030 mdpl yang membuatnya menjadi gunung tertinggi di Indonesia. Bahkan gunung ini juga termasuk dalam salah satu Seven Summit di tujuh benua dunia versi Reinhold Messne. Keunikan dan kecantikan utama gunung ini adalah terdapatnya gletser Carstensz, yaitu lapisan salju atau es abadi. Gunung ini juga menjadi satu-satunya gunung di Indonesia yang puncaknya diselimuti salju abadi.

2. Gunung Ijen, Jawa Timur

Gunung Ijen
Gunung Ijen

Gunung tercantik di Indonesia selanjutnya adalah gunung Ijen. Gunung yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini tingginya 2.799 mdpl. Pesona utama gunung Ijen adalah kawahnya yang membentuk danau yang bersifat asam. Kawah ini termasuk dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen.

3. Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Gunung Kelimutu
Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu yang memiliki tinggi 1.639 mdpl ini merupakan gunung berapi di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Keunikan yang menjadi daya tarik di gunung ini adalah keberaan danau Kelimutu atau yang dikenal juga sebagai danau Tiga Warna. Sesuai namanya, ketiga danau ini memiliki warna yang berbeda satu sama lainnya.

4. Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Gunung Merbabu
Gunung Merbabu

Gunung tercantik selanjutnya adalah gunung Merbabu di wilayah Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali,Kota Salatiga, dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Merbabu mempunyai beberapa puncak dengan dua puncak tertingginya Puncak Trianggulasi atau Kenteng Songo (3.142 mdpl) dan puncak Syarif ( 3.119 mdpl).

5. Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru
Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung yang terletak di Jawa Timur ini memiliki puncak yang bernama Mahameru. Gunung ini memiliki tinggi 3.676 mdpl. Pendaki gunung akan disuguhi pemandangan tercantik mulai dengan keberadaan Oro-oro Ombo, sebuah padang bunga yang sangat cantik, juga danau Ranu Kumboro dengan pesona sunrise-nya dan Kalimati, sebuah spot unik dengan hamparan pasir hitamnya. (tom)