5 Manfaat Bernyanyi Bagi Kesehatan

Bernyanyi merupakan kegiatan yang menyenangkan. Semua orang suka bernyanyi, baik di depan umum maupun hanya di kamar mandi. Melalui nyanyian, tiap orang bisa mengekspresikan dirinya dengan bebas dan lepas. Tak hanya menyenangkan ternyata bernyanyi juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti dilansir dari healthmeup.com (Senin, 29/12/2014), berikut ini lima manfaat bernyanyi.

1. Meningkatkan Energi

Saat Anda bernyanyi, tubuh akan mengeluarkan suatu hormon yang bernama endorfin. Hormon ini akan membuat seseorang menjadi lebih bersemangat dan berenergi. Sehingga tak salah jika Anda sedang merasa tidak enak hati atau sedang kesal melampiaskannya dengan cara bernyanyi sepuasnya di tempat karaoke.

2. Menjaga Suara Tetap Ceria

Bernyanyi memiliki manfaat lain yang sangat bagus untuk melatih pita suara pada manusia. Pita suara yang dilatih terus menerus akan membuat suara lebih nyaring dan jernih. Jika Anda ingin menjadi penyanyi, maka disarankan untuk terus berlatih sesering mungkin.

3. Menguatkan Otot

Dengan bernyanyi, selain membuat suara menjadi lebih bagus juga akan merangsang sirkulasi dalam tubuh serta meremajakan otot-otot, terutama otot perut dan diafragma. Selain itu juga bagus untuk kesehatan paru-paru karena seluruh otot di bagian dada hingga perut akan terus bergerak selama bernyanyi.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Bernyanyi juga akan membantu Anda terlepas dari stres dan penyakit lainnya karena hati Anda akan senang ketika bernyanyi. Hormon endorfin membuat suasana hati Anda bisa stabil kembali dan merasakan kelegaan.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat bernyanyi aliran darah dalam tubuh akan meningkat dan kemudian terjadi oksidasi sel dalam tubuh. Alhasil, imunoglobulin A dan sel T dalam tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi ringan akan meningkat tajam sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.(dea)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...