Ketika sudah menikah dan punya anak, pastinya kaum wanita akan menyandang status ibu. Memang tak mudah menjadi ibu. Sebab, mereka harus siap dengan tanggung jawab mengurus suami, anak, keuangan, dan perkara lain yang muncul dalam kehidupan rumah tangga.

Pertanyaannya, apakah pasanganmu sudah masuk kategori sebagai calon ibu yang baik. Sebelum memutuskan terlalu jauh, kamu wajib mengetahui tanda-tanda wanita sebagai calon ibu yang baik. Dilansir dari hipwee, Senin (29/12/2014), inilah 5 tanda kekasihmu disebut calon ibu yang baik.

1. Tanggap dan Peka

Seorang wanita bisa dikatakan sebagai ibu yang baik apabila dia memiliki sikap tanggap dan peka. Yang dimaksud tanggap dan peka adalah selalu mengetahui apa yang dibutuhkan anak-anaknya. Selain memperhatikan kebutuhan anak, seorang ibu yang baik juga selalu memperhatikan akan kebutuhan pasangannya, misalnya memasak makanan kesukaan, mempersiapkan sarapan pagi sebelum kamu berangkat ke kantor, dan lain sebagainya.

2. Tak Akan Malas Merawat Diri

Apakah wanitamu tipe orang yang rajin merawat diri? Jika ia, semakin besar kesempatannya untuk menjadi calon ibu yang baik. Biasanya, seorang wanita yang sudah menikah dan punya anak dipastikan malas merawat diri. Tak sedikit mereka yang malas menata rambut maupun malas pakai make-up. Merawat diri tak perlu dilakukan dengan cara pergi ke salon. Dengan melakukan perawatan sendiri di rumah bisa jadi lebih dari cukup untuk menjaga penampilannya.

3. Pandai Kelola Uang

Saat sudah berstatus menjadi istri, para wanita pastinya akan mengatur keuangan keluarganya. Seorang wanita sebagai calon ibu yang baik dituntut harus pandai mengelola uangnya. Jangan sampai mereka boros dalam membelanjakan kebutuhan sehari-hari. Mereka harus pintar dalam mengeluarkan uang suami untuk membayar keperluan rumah tangga, misalnya bayar lisrik, berbelanja, bayar sekolah anak, dan masih banyak lagi.

4. Penyabar

Mengurus sang buah hati bukanlah perkara yang mudah. Sebab, kita dituntut selalu sabar menghadapi tingkah laku anak. Tak jarang, kita dibuat kesal lantaran sikap anak. Namun, ibu yang baik pastinya bisa sabar dalam mengendalikan diri atas perilaku anak.

5. Menyatu dengan Keluarga Besarmu

Tak bisa dipungkiri, peran orangtua memang sangat besar dalam hubungan kamu dan pasangan. Untuk itu, seorang wanita diharuskan bisa berbaur dengan keluarga prianya. Hal ini nantinya akan menggambarkan bahwa dia adalah sosok ibu yang baik. Apabila kekasihmu saat ini sudah bisa mengambil hati kedua orang tuamu lewat sifat dan sikapnya, itu tandanya ia pantas dijadikan ibu yang baik bagi anak dan keluargamu kelak.

(nha)