Akhir tahun akhirnya datang juga. Banyak warga yang telah bersiap-siap merayakan momen pergantian tahun dengan berbagai cara. Tiap negara biasanya memiliki tradisi unik untuk menyambut tahun yang baru ini. Diantaranya dengan menyajikan makanan spesial khusus tahun baru.

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki makanan spesial tahun baru. Dikutip dari uniknya.com (Rabu, 31/12/2014), berikut ini lima makanan spesial tahun baru khas Jepang.

1. Mochi

Mochi
Mochi

Salah satu tradisi Jepang yang sudah lama ada yakni tradisi menumbuk mochi (mochitsuki). Dalam tradisi ini satu orang bertugas menumbuk, dan satu orang lagi membolak-balik beras ketan dengan tangan yang sudah dibasahi air. Beras ketan harus ditumbuk hingga lengket sampai menghasilkan adonan warna putih. Mochi biasa digunakan untuk hiasan tahun baru.

2. Nanakusa

Nanakusa
Nanakusa

Nanakusa merupakan makanan bubur yang dimasak dengan tujuh jenis bahan yaitu beras, jewawut, proso milet, Echinochloa esculenta, kacang azuki, Beckmannia syzigacne, wijen yang ditambahkan sedikit garam dan rumput-rumputan.

3. Soba

Soba
Soba

Saat malam tahun baru orang Jepang biasa mengadakan tradisi makan soba atau mi yang dinamakan â??Toshikoshi Sobaâ?. Tradisi ini dipercaya agar dapat melalui tahun baru dengan lancar dan tanpa halangan.

4. Osechi Ryori

Osechi Ryori
Osechi Ryori

Osechi berasal dari kata â??o-sechiâ?? yang dalam Bahasa Jepang yang berarti musim atau masa penting. Makanan khas Osechi dibagi jadi dua bagian, pertama makanan dalam jubako yang merupakan kotak yang biasanya mmemiliki macam-macam warna dan makanan di dalamnya pun melambangkan berbagai hal yang penting.

5. Konbu

Konbu
Konbu

Yang terakhir adalah Konbu. Konbu merupakan rumput laut yang biasanya digunakan sebagai makanan dalam kaldu sup atau di nabe (hot pot). Tersedia berbagai macam rumput laut mulai dari yang keras, datar, dan lembaran hitam dengan bubuk putih di atasnya. Bisa juga disajikan dengan nasi.(dea)