Belum lama ini, Indonesia ditimpa musibah dalam dunia penerbangan. Pesawat AirAsia QZ 8501 jurusan Surabaya-Singapura  mengalami hilang kontak pada Minggu, (28/12). Diduga, pesawat AirAsia tersebut sudah ditemukan di Selat Karimata pada (30/12).

Sebagai penumpang yang baik, ada bagusnya kita juga memperhatikan kebiasaan kita selagi dalam pesawat agar pesawat yang kita tumpangi tidak mengalami gangguan sehingga mengalami kecelakaan. Adapun lima kebiasaan buruk penumpang pesawat yang bisa sebabkan terjadinya kecelakaan sebagai berikut.

1. Menelepon Dalam Pesawat

Kebiasaan ini yang biasa dilakukan para penumpang dan biasanya berujung fatal sehingga pesawat mengalami gangguan hingga akhirnya terjadi kecelakaan. Sinyal yang dihasilkan dari ponsel bisa mengganggu kelancaran komunikasi dalam pesawat, selain itu juga bisa mengganggu komunikasi antara pesawat dengan menara yang ada di bandara. Untuk itu jika sedang berada di dalam pesawat sebaiknya hidupkan dalam mode pesawat yang saat ini sudah tersedia di ponsel-ponsel canggih.

2. Berteriak-teriak

Hal ini juga sebaiknya tidak Anda lakukan ketika berada di dalam pesawat, karena bisa mengganggu kenyamanan orang lain dan juga aktivitas para kru pesawat seperti pramugari. Jadilah penumpang yang baik dengan menghormati hak penumpang lain.

3. Membuang Sampah Sembarangan

Buanglah sampah pada tempatnya, begitu juga ketika berada di dalam pesawat. Perhatikan baik-baik petunjuk saat membuang sampah. Jangan sampai sampah berserakan di dalam kabin dan tempat duduk, walau tidak sampai menyebabkan kecelakaan tetapi akan membuat pesawat menjadi kotor dan bau sampah.

4. Mendengarkan Musik Berlebihan

Mendengar musik dalam pesawat sah-sah saja. Namun jangan terlalu berlebihan dan menganggu ketenangan orang lain, dengarkan seperlunya saja. Anda akan sulit mendengar jika ada kabar darurat yang disampaikan oleh kru pesawat.

5. Menganggu Pilot dan Kopilot

Hal ini yang paling tidak boleh dilakukan. Anda memaksa masuk ke dalam ruang kemudi. Jangan pernah sekali-kali mengganggu pilot dan kopilot yang sedang bertugas, apalagi hanya untuk sekedar meminta foto. Jika ingin mengobrol dengan pilot sebaiknya nanti saja setelah sampai di bandara.(dea)