Siapa yang tidak tahu nama “McDonald”? Mendengar namanya saja, Anda pasti langsung membayangkan sebauh restoran cepat saja berlambangkan huruf “M”. Namun tahukah Anda siapa tokoh dibalik kesuksesasn McDonald hingga kini?

Pria tersebut adalah Raymond Albert Kroc atau biasa dipanggil dengan Ray Kroc. Sebelum mendirikan McDonald, dirinya adalah seorang pekerja biasa yang bekerja di sebuah perusahaan pembuat gelas kertas. Namun karena suatu alasan, Ray memilih untuk keluar sebagai pekerja dan memutuskan untuk jadi pengusaha.

Awal nula Ia menjadi pengusaha, Ray pernah berjualan gelas kertas kepada penemu alat pembuat milkshake pertama di Amerika. Dari situ muncul keinginan untuk memasarkan milkshake. Ray [un kemudian bertemu dengan Prince dan bernegosiasi untuk membeli hak eksklusif untuk memasarkan formula milkshake. Tak disangka minuman tersebut laku keras di pasar Amerika.

Dari penjualan tersebut, kemudian Ray tertarik pergi ke McDonald dimana saat itu dimiliki oleh dua bersaudara Mac dan Dick McDonald . McDonald merupakan sumber penjualan terbesar milkshake Ray saat itu. Ray pun kemudian bekerjasama dengan Mac dan Dick untuk membuka perusahaan waralaba dari McDonald.

Restoran franchise pertama Ray atas McDonald didirikan pada di Des Plaines, Illinois, Amerika Serikat pada tahun 1954. Meski usianya sudah 59 tahun, Ray tetap mengelolanya dengan baik dan usahanya berkembang dengan cepat. Kemudian Ia pun membeli saham McDonaldâ??s Corporation seharga $ 2,7 juta untuk menjadi hak miliknya. Akhirnya McDonald resmi menjadi miliknya.

Kini, McDonald sudah berdiri di lebih dari 65 negara di seluruh dunia. Berbagai menu telah dikembangkan, termasuk di negara-negara dengan penduduk muslim, Ray tidak memasukkan daging babi dalam makanannya. Pada tahun 2004, cabang McDonald bahkan sudah mencapai 30.000 di seluruh dunia.(dea)