Bandung yang merupakan ibu kota Jawa Barat ini memang tak perlu diragukan lagi keseruannya. Kota kKembang memiliki sejumlah tempat wisata yang tak boleh dilewatkan, mulai dari wisata kota, kuliner, museum, tempat hiburan, hingga pemandangan alamnya yang luar biasa indah. Letaknya pun hanya berkisar dua jam dari Jakarta.

Salah satu tempat wisata alam yang tak boleh Anda lewatkan dan kini sedang digandrungi banyak pelancong dari berbagai daerah yakni Tebing Keraton di Bandung memiliki pemandangan yang lain dari biasanya.

Jika selama ini mungkin Anda sering mendengar daerah Lembang di Bandung yang terkenal akan keindahan alamnya, Tebing Keraton ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah, Anda bisa melihat sisi lain kota Bandung dari atas ketinggian. hijaunya pemandangan sawah dan hutan dipadu dengan deretan bangunan-bangunan tinggi yang memukau mata. Sangat indah!

Akses menuju Tebing Kertaon tidaklah sulit. Lokasinya berada di Taman Hutan Raya Ir H, Djuanda. Tepatnya di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, jaraknya sekitar lima kilometer dari pintu gerbang Taman Hutan Raya.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Namun harus parkir di bawah Tebing Keraton karena jalanan menanjaknya sangat curam dan licin di musim hujan seperti sekarang. Bagi Anda yang tidak mau lelah, ada juga jasa ojek pengantar sampai ke puncak, biayanya sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000.

Tiket masuknya pun terbilang murah untuk kawasan wisata di Bandung. Bagi para wisatawan lokal hanya dikenakan biaya sebesar Rp 11.000 saja, sedangkan untuk pendatang dari mancanegara dipatok harga tijet Rp 76.000. Biaya tiket sudah termasuk asuransi.

Tebing Keraton memiliki arti kemewahan alam dan keindahan alam yang bisa dinikmati bersama Tebing ini sudah lama namun dulu lebih dikenal dengan anama Cadas Jontor.(dea)