Siapa bilang kakek yang sudah tidak muda lagi tidak bisa menempuh pendidikan yang lebih tinggi? Tidak ada yang namanya terlambat dalam dunia pendidikan, selama masih mau berusaha, siapapun bisa menuntut ilmu setinggi langit.

Seperti yang dibuktikan oleh seorang kakek yang sudah berusia 73 tahun asal China, Zou Weimin, Ia tetap semangat mengikuti ujian masuk S2 di sebuah universitas. Dilansir dari shanghaiist (Minggu, 4/1/2015), kake Zou sempat pernah mengubur impiannya untuk melanjutkan kuliah S2 selama 40 tahun. Tak ada kata menyerah dalam kamusnya, di usianya yang sudah lanjut usia, akhirnya Ia memberanikan diri untuk mendaftar ke universitas.

Dahulu Zou pernah diterima di sebuah universitas di Hengzhou, China, pada tahun 1960, namun hanya bertahan setahun karena harus menghidupi keluarganya. Kemudian setelah Revolusi Budaya di China selesai (1966-1976), Ia mulai mendaftarkan diri lagi di universitas, namun tidak bisa lantaran usianya telah melebihi batas yang ditentukan.

Kemudian pada tahun 2001, ketika ujian masuk tidak ada batasan usia lagi, Ia mencoba daftar lagi di universitas sebanyak empat kali. Hasilnya Ia berhasil masuk dan lulus gelar S1 pada tahun 2014 yang lalu. Tanpa ragu, Ia kemudian melanjutkan daftar S2 belum lama ini.

Zou yakin dirinya bisa lulus ujian. Meskipun sudah tak muda dan dirinya tak sekuat dulu. Dirinya berhasil membuktikan bahwa usia bukanlah halangan untuk melanjutkan pendidikan. Setua apapun usia kita janganlah berhenti belajar.

Kita lahir di dunia untuk terus belajar, jangan pernah berhenti mempelajari sesuatu yang baru. Jika kita tidak tahu jangan pernah malu bertanya. Perjuangan kakek Zou patut ditiru, jangan pernah menyerah dan mengubur impian kita. Kalau tidak mendapat kesempatan sekarang bisa coba lagi kesempatan besok dan besoknya lagi, kita bisa meraih impian kita selama masih ada kemauan yang tinggi.(dea)