Indonesia sejak dulu memang memiliki musisi-musisi handal dan karyanya tidak kalah dengan musisi luar negeri. Hanya saja, sekarang ini musik Indonesia sedang turun, karena musiknya tak lagi berkualitas dan kadang menciptakan lagu dengan lirik seadanya. Dilansir dari Wartainfocom, Minggu (4/1/2015), berikut adalah 5 lagu Indonesia yang pernah dicekal karena liriknya.

1. Gossip Jalanan (Slank)

Lagu ini sebenarnya berupa sindiran ke DPR. Namun DPR sendiri menganggap lagu ini sebagai hinaan kepada lembaga negara, dan menuntut lagu ini pada tahun 2008. Slank sendiri berpendapat kalau DPR tidak seharusnya menuntut lagu ini jika mereka tidak seperti yang dinyanyikan oleh Slank. Kasus ini selesai dengan sendirinya, namun sejak itu Slank selalu dipersulit perizinannya oleh polisi jika ingin mengadakan konser.

2. Sketsa yang Bisu (Iwan Fals)

Iwan Fals memang salah satu musisi Indonesia yang bisa dibilang sudah biasa dengan pencekalan dan juga tuntutan sejak Orde Baru. Lagu ciptannya memang sering mengkritik pemerintahan Orde Baru saat itu, dna puncaknya adalah ketika dirinya membentuk SWAMI, dan menciptakan lagu “Bongkar”, “Bento” serta “Sketsa yang Bisu”. Lagu “Sketsa yang Bisu” sendiri sempat menghilang dari peredaran pada tahun 2000. Lagu tersebut merupakan kritikan terhadap pemerintah karena lagu tersebut menyarankan pemerintah untuk melegalkan narkoba daripada tidak bisa diberantas.

3. Belah Duren (Julia Perez)

Julia Perez memang terkenal sensasional. Berkat lagu kontroversialnya yang berjudul “Belah Duren”, dia harus berurusan dengan KPI. Alasan lagu tersebut dituntut tak lain adalah karena liriknya yang terlalu vulgar, bahkan menjurus ke aktivitas seks. Namun jika dilihat dari segi komposisi musiknya, lagu yang rilis tahun 2012 itu termasuk lagu simpel namun bagus untuk ukuran lagu dangdut modern.

4. Cinta Satu Malam (Melinda)

Sama seperti Julia Perez, lagu “Cinta Satu Malam” yang dinyanyikan oleh Melinda ini juga sempat dicekal oleh KPI karena liriknya yang vulgar. Lagu yang sempat fenomenal pada tahun 2012 ini seakan membolehkan jika hubungan intim semalam saja dengan pasangan yang bukan suami atau istri sahnya.

5. Satu Jam Saja (Zaskia Gotik)

Lagi-lagi lagu dangdut modern berjudul “Satu Jam Saja” yang dinyanyikan oleh Zaskia Gotik ini juga harus mendapatkan perlakuan yang sama seperti Melinda dan Julia Perez. Mirip seperti “Cinta Satu Malam”, lirik lagu “Satu Jam Saja” juga dianggap vulgar karena menggambarkan tentang hubungan intim pria dan wanita yang dilakukan selama satu jam. Hanya saja pencekalan tidak berlangsung lama dan berakhir di tahun yang sama. (tom)