Cinta memang butuh pengorbanan. Itulah ungkapan yang sering diungkapkan oleh pasangan ketika dilanda rasa sayang dan kasih. Pengorbanan cinta bisa dilakukan oleh semua orang tak terkecuali pasangan lanjut usia.

Ini adalah kisah nyata yang berasal dari kakek dan nenek asal Cina. Bisa dibilang, sang kakek rela melakukan pengorbanan cinta untuk membahagiakan sang istri. Sebab, selama 70 tahun, si kakek sudah menabung dan mengumpulkan banyak uang demi membelikan istrinya sebuah cincin berlian.

Kisah mereka pun menjadi perbincangan hangat di Weibo, situs jejaring sosial Cina. Di situs itu terpampang pula sejumlah foto-foto kakek dan nenek yang terlihat mencoba beberapa cincin di sebuah toko perhiasan. Saking kisahnya penuh haru, foto-foto mereka telah di-share lebih dari 1.500 kali.

Lantaran tertarik dengan foto-foto itu, Xinjiang Internet Office pun memutuskan untuk menyelidiki cerita tentang pasangan tersebut.

Menurut cerita yang didapat, ternyata dia berprofesi sebagai seorang pemulung di Korla, Xinjiang. Pramuniaga yang melayaninya mengatakan, kakek itu diperkirakan telah berusia 70-an. Karena dia tidak memiliki banyak uang, dia pun bertanya kepada pramuniaga tentang harga cincin di toko perhiasan tersebut.

Tanpa pikir lama, akhirnya seorang pramuniaga merekomendasikan satu cincin yang sedang dijual dengan harga diskon saat itu. Setelah mencoba cincin tersebut di jari istrinya, si kakek kemudian mengeluarkan gulungan uang kertas, yang diyakini telah ditabungnya seumur hidupnya.

Setelah ditanya lebih detail, sang kakek mengaku bahwa dia ingin sekali membahagiakan istrinya setelah mereka berjuang sepanjang hidup mereka. “Kami telah menjalani hidup yang keras. Saya hanya ingin menghiburnya,” katanya kepada para staf toko.

Pramuniaga yang diketahui bernama Zhou itu sontak mengabadikan foto-foto pasangan tersebut. Zhou berharap bahwa kisah romantis pasangan itu bisa menginspirasi orang lain untuk lebih menghargai istri/suami mereka.

Melihat momen bahagia itu, netizen pun menuliskan komentarnya di situs Weibo. “Ini adalah cinta sejati,” tulis salah satu pengguna Weibo.

“Ini adalah hal yang paling romantis yang pernah terjadi di kampung halaman saya, Korla. Saya berharap mereka memiliki kehidupan yang lebih baik.” kicau pengguna akun Weibo lainnya.

(nha)