Jika Anda berkunjung ke Tuban, khususnya ke wilayah perbukitan kapur, Jawa Timur, jangan lewatkan sebuah sajian sederhana penggugah selera yakn rica-rica belut jangkar. Menu ini cocok untuk penggemar kuliner pedas, karena dijamin bikin ketagihan.

Dikutip dari viva (Selasa, 6/1/2015), makanan ini sangat mudah di warung-warung pedesaan yang ada di bukit kapur. Tapi salah satu yang terkenal adalah rica-rica pedas yang ada di Warung Jangkar yang ada di Desa Tegal Agung, Kecamatan Semanding, Jawa Tengah.

Menu ini memiliki pedasnya yang khas, selan itu harganya pun sangat ramah di kantong sehingga selalu membuat orang yang sudah mencicipinya pasti akan merasakan kerinduan tersendiri. Pedasnya tak hanya sekedar caba, tapi juga dicampur dengan berbagai bumbu lainnya sehingga menciptakan rasa yang khas.

Bahan dasar rica-rica ini adalah belut. Isi belut dibersihkan kemudian digoreng dengan kematangan yang tidak terlalu garing agar dagingnya mudah dikunyah dan dkonsumsi siapa saja. Selain itu rasa gurihnya pun tidak mudah hilang. Setelah melalui proses penggorengan, belut kemudian ditumis dalam sambal giling.

Rica-rica belut jangkar yang sudah jadi kemudian disajikan bersama nasi jagung atau nasi putih, tergantung selera. Ketika dicicipi, pedasnya mantap, membuat orang-orang pasti ketagihan.¬†“Setiap ke Tuban, pasti mampir,” kata Octa, salah satu pelanggan asal Surabaya.

Penikmat rica-rica jangkar ini tak hanya warga Tuban saja, para pelancong dari berbagai daerah yang sudah mengetahui kelezatan makanan yang satu ini pun biasanya selalu menyempatkan diri datang untuk mencicipi pedasnya rica-rica jangkar ini.

Satu porsi rica-rica belut jangkar bersama nasi hanya dibanderol sebesar Rp 13.000 saja. Selain belut, ada juga varian masakan lainnya yakni lele pedas yang tak kalah menggoda. Berani coba?(dea)