Siapapun memiliki hak untuk menjadi pemimpin. Tiap negara tentu memiliki peraturan-peraturan tersendiri dimana seorang warga bisa menjadi pemimpin. Di India kini memiliki seorang walikota baru. Walikota tersebut bernama Madhu Kinnar yang merupakan seorang transgender.

Dikutip dari laman india.times.com (Rabu, 7/1/2015), sebuah berita terbaru yang mengejutkan dalam dunia perpolitikan India. Dimana seorang walikota dimana para bintang Bollywood berasal dipimpin oleh seorang wanita transgender.

Madhu Kinnar merupakan walikota pertama di India yang transgender. Ia berhasil menang dalam pemilihan pada Senin, 5 Januari 2015. Padahal saat itu lawannya adalah partai-partai besar dan berkuasa, seperti Partai Bharatiya Janata. Dia berhasil unggul sebanyak 4.500 suara dari partai yang berkuasa tersebut.

Namun karena banyak masyarakat yang telah menaruh kepercayaan pada Kinnar, Ia khirnya berhasil menang. Ia mengatakan kemenangan ini sebagai cinta dan anugerah masyarakat untuk dirinya.

Perjuangan Kinnar untuk menjadi walikota tidaklah mudah dan terbilang cukup mengharukan. Dirinya berasal dari kasta Dalit, kasta yang tak pernah tersentuh di India. Untuk memperoleh penghasilan sehari-hari, Kinnar selalu menyany dan menari di kereta api dan hanya sempat merasakan bangku pendidikan sampai tingkat SMP.

a terjun ke dunia politik setelah komunitasnya memintanya untuk melakukan hal tersebut. Para pendukungnya yakin, Kinnar bisa mewujudkan impian semua pendukungnya. Kinnar menunjukkan dirinya bisa berkarya meskipun transgender dan hidup di pinggiran kota.

Walikota transgender ini memimpin Kota Raigarh, negara bagian Chhattisgarh, India. Madhu Knnar terbilang masih muda di usianya yang ke 35 tahun sudah bisa menjadi walikota. Ia selalu tersenyum dan mengenakan kain sari untuk menyapa para pendukungnya atas kemenangannya.

Ia juga selalu merapatkan kedua tangannya seraya memberi salam kepada para masyarakat yang bahagia atas terpilihnya Kinnar menjadi walikota. (dea)