Jika kamu sedang memasuki masa liburan, tentunya ingin bepergian ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi, bukan? Bepergian ke tempat wisata bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, seperti menaiki kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum seperti bus. Dilansir dari Kaskus, Kamis (8/1/2015), jika kamu ingin bepergian atau traveling dengan bus, berikut 5 tips yang bisa bikin kamu aman dan nyaman traveling dengan bus.

1. Perhatikan rute bus

Keamanan adalah faktor yang penting jika kamu ingin menaiki bus, apalagi untuk perjalanan jauh atau lintas malam. Tanyakan pada operator bis soal rute mana yang hendak dilewati. Ada daerah-daerah yang memang terkenal rawan rampok, atau rawan kecelakaan. Sebisa mungkin hindari rute tersebut.

2. Pilih bus dengan cermat dan teliti

Mengambil opsi traveling dengan bus malam memang berarti memangkas biaya. Tetapi, pikir lagi apakah kamu mesti membeli tiket bus yang terbilang murah atau yang termurah. Lihat kondisi bus dan perhatikan agar kamu tidak menyesal nantinya.

3. Pilih tempat duduk ternyaman buat kamu

Beberapa orang lebih memilih duduk dekat jendela, karena memudahkannya untuk tidur dan menyusun posisi bantal yang enak. Tetapi, beberapa yang lain lebih suka di dekat lorong karena itu berarti ruang yang lebih luas dan mudah bergerak ketika hendak ke toilet. Tentukan pula kamu mau duduk di depan, tengah atau belakang. Semakin ke belakang kamu duduk, semakin berguncang-guncang perjalanan kamu. Semakin ke depan kamu duduk, semakin mungkin kamu melihat hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjalnya tebing di sebelah kamu, atau tajamnya tikungan di depan. Umumnya, tempat duduk di bagian tengah dianggap paling aman dan nyaman saat traveling dengan bus.

4. Sembunyikan barang berharga di beberapa tempat

Selain kenyamanan, faktor keamanan juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebisa mungkin letakkan tas atau barang berharga kamu dalam jangkauan. Namun, biasanya operator bus tidak mengizinkan tas yang terlalu besar masuk ke kabin. Jadi, pecah barang-barang berharga kamu. Kamu tidak tahu kapan pencuri beraksi.

5. Siapkan segala sesuatu yang bikin kamu nyaman di dalam bus

Demi kenyamanan selama di perjalanan, bawalah minuman dan camilan Anda sendiri. Di daerah asing, kita tidak tahu di mana bus akan berhenti untuk makan. Pun ketika ia berhenti, Anda tidak tahu apakah tempat makan yang dipilihnya sesuai selera Anda. Kamu juga bisa bawa mp3 player untuk menghibur diri kamu, tapi pastikan earphone yang kamu pakai kedap suara sehingga tidak mengganggu orang lain. Kemudian kamu juga bisa bawa bantal kamu sendiri untuk kamu gunakan ketika ingin tidur di dalam bus. (tom)