Tidur memang sangat diperlukan bagi semua manusia. Bahkan ketika kita tidak tidur seharian, mata akan memerah dan panas serta tubuh kita akan terasa sakit semua. Namun untuk sebagian orang, mereka mengalami kesulitan untuk langsung tidur pulas dan bangun di esok hari dengan segar. Berikut ada 5 tips agar kamu bisa bisa cepat tidur, dilansir dari blog Info Tips Bermanfaat, Kamis (8/1/2015).

1. Atur suhu dalam kamar tidur senyaman mungkin

Direktur Institut Robert Oexman mengatakan bahwa suhu normal untuk kamar tidur adalah 65 sampai 68 derajat Farenheit, atau setara dengan 18,3 derajat sampai 20 derajat Celcius. Untuk mencapai suhu normal tersebut, biasanya pemilik kamar akan mematikan lampu kamar mereka. Hal tersebut juga dilakukan karena pancaran sinar lampu ketika mata menghadap ke atas akan membuat kepala pusing. Maka dari itu ketika tidur disarankan untuk mematikan lampu atau setidaknya mengganti lampu yang terang dengan lampu yang redup.

2. Hindari menggunakan ponsel untuk alarm

Ketika tidur, jangan biarkan ponsel menjadi alarm. Karena radiasi dalam ponsel akan menggangu saraf manusia walau sedang tidur. Ketika sedang tidur, setidaknya saraf manusia sedang beristirahat dan membiarkan recharge untuk melakukan kegiatan setelah terbangun. Namun ketika ponsel diletakkan di dekat tubuh, apalagi kepala, maka hal tersebut akan menyebabkan terganggunya saraf yang ingin beristirahat.

3. Jangan mengkhawatirkan apa yang terjadi besok

Semua yang akan kamu lakukan besok setelah bangun tidur, jangan terlalu dipikirkan ketika mau tidur. Karena hal tersebut akan mengangganggu konsentrasi tubuh mempersiapkan diri untuk tidur. Ketika hal tersebut masih saja terfikirkan, coba ambil kertas dan tulislah rencanamu untuk besok.

4. Gunakan bantal yang tepat

Bantal merupakan benda pendukung saat tidur. Di saat kepala mulai merebahkan ke tempat tidur, posisi leher akan menyesuaikan. Ketika bantal lebih keras, maka akan berpengaruh juga pada kenyaman pengguna bantal. Gunakan bantal yang dapat mendukung kepala dan leher agar terasa nyaman. Gunakan bantal yang di tengahnya sedikit cekung untuk menyesuaikan dengan tulang belakang leher manusia. Bantal yang empuk dan halus juga dapat merangsang untuk tidur dengan cepat.

5. Bayangkan pengalaman-pengalaman yang indah

Mata kita tidak akan terpejam ketika kita hanya merenungi apa yang terjadi. Oleh karena itu sebaiknya kejadian yang tak menyenangkan tak perlu direnungkan sebelum tidur. Jika ingin tidur lebih cepat, maka kamu bisa bayangkan pengalaman-pengalaman indah saja. Tenangkan pikiran kemudian mulailah mengingat di saat-saat terindah dalam hidup. Kemudian secara perlahan tutup mata dan bayangkan saat-saat itu ada di depanmu. (tom)