Robot Cantik Ahli Bahasa Isyarat

Bahasa isyarat biasanya diperlukan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki kesulitan dalam berbicara atau mendengar. Dengan memperhatikan simbol-simbol dari bahasa isyarat, seseorang dengan kesulitan seperti itu akan mudah berkomunikasi dengan dunia.

Di era yang canggih ini sudah tidak sulit untuk membuat alat bantu untuk melakukan isyarat. Sebuah robot canggih yang berbentuk seperti manusia mampu melakukan bahasa isyarat dengan baik.

Dikutip dari japantimes.co.jp (Sabtu, 10/1/2015), robot cantik berwajah cantik mirip perempuan ini berada di gelaran teknologi International Consumer Electronics Show (CES) yang ada di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Nampak sekilas robot wanita itu mirip dengan perempuan manusia. Dia mengenakan gaun berwarna merah muda, berambut panjang, dan memakai lipstik berwarna merah. Namun sebenarnya itu adalah robot yang bernama Chihira Aiko. Robot cantik itu merupakan robot android yang dikembangkan oleh Toshiba Communication Android.

Chihira bisa melakukan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan manusia. Ia berbicara dengan luwes tidak kaku seperti banyak robot lainnya. Dalam pameran itu, Chihira menjelaskan siapa dirinya dan untuk apa dia dibuat.

Selain bicara dia juga bisa mengubah ekspresinya menjadi beragai ekspresi yang berbeda-beda. Hal ini karena 43 alat penggerak yang dipasangkan di wajahnya yang dikembangkan dari riset yang dilakukan Toshiba.

Pengerjaannya hanya membutuhkan waktu 6 bulan saja. Hitoshi Tokuda sang pembuat menciptakan robot ini awalnya untuk membantu komunikasi para tuna rungu. Ia bisa melakukan gerakan isyarat dengan mulus tanpa gerakan kaku. Tapi dalam perkembangannya, Chihira dapat melakukan hal lain seperti penerima tamu, perawat orang jompo, hingga terapis bicara.

Tokuda juga berharap, Chihira sudah bisa dikembangkan lebih jauh dalam dunia pariwisata, bekerja, melakukan kegiatan presenter, dan lain sebagainya. Tertarik untuk membelinya?(dea)

 

 

 

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

5 Barang yang Sering Dilupakan Traveler

5 Food Truck Bermenu Enak di Jakarta