Pemandangan matahari tenggelam atau sunset biasanya menjadi sesuatu yang tidak boleh dilewatkan jika mengunjungi tempat wisata tertentu. Jika Anda ingin melihat pesona senja di sore hari yang memukau, Anda bisa berkunjung ke Teluk Triton di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. Provinsi Papuar dan Papua Barat memang selalu menawarkan eksotisme pulau yang menakjubkan.

Teluk Triton merupakan surganya bagi orang-orang yang ingin menikmati indahnya matahari tenggelam. Pesona senja di tempat ini benar-benar tak akan terlupakan. Selain itu teluk ini pun kaya dengan flora dan fauna yang cantik, sebanyak 959 jenis ikan dan 457 jenis karang hidup di bawah laut Teluk Triton.

Kawasan Pegunungan Maimai yang tak jauh dari Teluk Triton memiliki keanekaragaman budaya yang sangat unik. Gamabr kuno dari zaman prasejarah banyak ditemukan disini. Di dinding tebing karang sepanjang satu kilometer terdapat berbagai lukisan kuno mulai dari tengkorak, binatang, dan telapak tangan. Lukisan yang ada sudah sejak lama itu masih bisa terlihat jelas sampai sekarang.

Untuk Anda yang ingin melihat atraksi paus, di sini juga dapat ditemukan paus bryde yang selalu muncul ke permukaan lautan, sesekali mereka menyemburkan air dari lubang yang ada di punggungnya. Paus-paus ini selalu berdiam diri sejenak di permukaan air laut Teluk Triton yang begitu tenang.

Banyaknya paus yang berani menampakkan diri di laut Triton adalah karena para nelayan sangat berteman baik dengan paus. Para nelayan tidak memburu mamalia dengan panjang 12 meter ini.

Bagi para penggemar snorkeling dan diving wajib menjajal keindahan bawah laut yang ada di sini. Laut teluk ini terkenal dengan soft coralnya yang beraneka ragam. Spot yang paling rekomendasi adalah sekitar Temintoi dan Selat Iris.

Manjakan diri Anda sepuasnya ketika berkunjung ke Teluk Triton, dipastikan Anda akan merasakan ketenangan dan kenyamanan yang belum Anda rasakan sebelumnya.(dea)