Sutradara film Hollywood umumnya merupakan orang yang berkebangsaan Amerika Serikat, atau paling tidak orang Eropa. Namun tahukah kamu kalau ternyata ada sutradara film Hollywood yang berdarah Indonesia? Dia adalah Pierre Coffin.

Pierre Coffin terkenal sebagai sutradara film animasi “Despicable Me” bersama dengan Chris Renaud. Yang tidak diketahui orang banyak, ternyata Pierre memiliki ibu orang Indonesia, dan ayahnya orang Perancis. Lebih hebat lagi, sang ibunda dari Pierre ternyata adalah NH Dini, seorang novelis ternama di Indonesia.

NH Dini menikah dengan seorang diplomat Perancis bernama Yves Coffin. Dari pernikahannya ini menghasilkan 2 orang anak, yaitu Marie Claire Lintang dan Pierre Louis Padang Coffin. Ya, kamu tidak salah, nama lengkap Pierre Coffin adalah Pierre Louis Padang Coffin. Sang ibunda NH Dini memang sengaja memasukkan nama tempat di Indonesia untuk kedua anaknya, yaitu Lintang dan Padang. Karena itulah, saat Pierre kecil dirinya sering dipanggil Padang oleh keluarga ibunya.

Hanya saja pernikahan NH Dini dan Yves Coffin tidak berjalan mulus, sehingga mereka harus bercerai saat usia Pierre 17 tahun, lalu NH Dini memutuskan kembali ke Indonesia. Meski demikian hubungan ibu dan anak tetap terjalin dengan baik, malah pernah ibunya suatu ketika mengunjungi Pierre dan keluarganya selama sebulan.

“Betul, sebenarnya agak aneh karena karya-karya ibu saya tidak pernah diterjemahkan dalam bahasa Prancis, jadi saya belum pernah membaca buku-buku klasik tulisannya. Saya tidak tahu benar persepsi orang-orang tentang ibu saya,” ujarnya ketika ditanya mengenai kebenaran apakah ibunya orang Indonesia, seperti dilansir dari Republikacoid, Sabtu (10/1/2015).

“Tapi saya tahu banyak temannya yang sangat mengaguminya, dan karena saya tidak paham kata-kata Indonesia, maka saya sering bertanya kepada teman-teman ibu saya. Tentunya saya sangat bangga, tapi juga malu pada diri sendiri karena ternyata ia banyak menulis tentang kami sebagai keluarga. Saya sebenarnya sangat berkeinginan untuk membaca buku-bukunya,” katanya.

Sebagai keluarga diplomat Pierre menjelaskan berbagai latar belakang budaya yang ia pelajari dan dialaminya semasa kecil termasuk budaya-budaya Indonesia. “Saya ingat ketika masih kecil, ibu saya sering membawa saya ke Kedutaan Besar Indonesia di negara kami menetap, saya ingat semua yang dilakukan,” jelasnya.

“Sampai sekarang saya masih ingat irama musik tradisional Indonesia. Tampaknya bodoh, tapi justru membawa ingatan saya kembali ke masa lampau. Makanan Indonesia, buat saya adalah hidangan paling enak di seluruh dunia. Dan bahasa Indonesia, menurut saya adalah bahasa yang sangat indah, seperti alunan musik. Ketika saya menyuarakan Minions dalam film Despicable Me, saya menggunakan berbagai bahasa, setiap kata-kata lucu saya gunakan dengan cara menarik, mungkin anda mendengar saya menggunakan kata ‘Terima Kasih’,â? katanya.

Sutradara film Hollywood ini memang tetap rendah hati meskipun telah meraih ketenaran dan kesuksesan, latar belakang budaya yang beragam justru membuat Pierre menganggap kesuksesannya ini bukan hal utama bagi putra NH Dini tersebut, baginya kebahagian justru didapatkan dari keluarga, istri dan anak-anaknya. Tapi satu hal yang selalu dirindukannya adalah makanan Indonesia.

“Makanan Indonesia favorit saya? Nasi Goreng,” jawab Pierre sambil tertawa. (tom)