5 Kebiasaan yang Bikin Cepat Tua

Setiap manusia lambat laun pasti akan mengalami yang namanya masa tua. Seseorang yang sudah tua biasanya sudah tidak bisa melakukan berbagai aktivitas seperti saat sirinya masih muda. Namun ada juga orang yang masih muda mengalami yang namanya penuaan dini. Seseorang bisa terkena penuaan dini karena berbagai faktor salah satunya adalah karena kebiasaan.

Berikut ini kebiasaan yang akan membuat Anda lebih cepat tua dari usia Anda yang sebenarnya.

1. Kurang Tidur

Jangan sampai mengabaikan rasa kantuk walaupun sedikit, karena sekali kantuk terlewat maka mata akan terjaga lebih lama. Kurang tidur membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Kurang tidur menyebabkan kulit tidak punya waktu untuk memperbaiki kerusakannya. Tidurlah minimal lima jam setiap hari.

2. Jarang Olahraga

Inilah yang banyak dilakukan pada era sekarang. Olahraga jarang dilakukan lantaran beralasan sibuk dan tidak memiliki banyak waktu. Padahal banyak manfaat yang didapatkan dari berolahraga seperti membuat kulit lebih bercahaya dan sehat. Jika malas, bisa melakukan olahraga di rumah yang lebih mudah.

3. Panas-panasan

Kolagen dan elastin akan mudah rusak jika kulit manusia banyak terpapar sinar matahari apalagi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini menyebabkan kulit kehilangan kelenturannya dan tidak halus lagi. Untuk itu, lindungi kulit kamu dengan menggunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi.

4. Jarang Makan Sehat

Carilah cara agar selalu bisa makan makanan yang memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Jangan makan makanan yang tidak memiliki manfaat seperti junk food karena ini akan membuat kesehatan semakin memburuk dan kulit juga tidak sehat.

5. Stres

Yang terakhir ini memang banyak memiliki dampak buruk bagi kulit dan kesehatan tubuh. Carilah cara agar terhindar dari stres ini agar Anda tidak mengalami penuaan dini.(dea)

 

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

5 Musisi Jazz Handal Indonesia

Berwisata Alam ke Pulau Kasiak