Main air memang paling menyenangkan, apalagi langsung dari sumber mata airnya langsung yang terletak di tengah-tengah hutan dan airnya masih jernih. Jika Anda sedang mencari air terjun yang terletak di Aceh yang masih alami dan memiliki pemandangan yang sangat indah, datang saja ke Air Terjun Kuta Malaka. Disini Anda akan menemukan air terjun dengan airnya yang melimpah.

Dikutip dari kompascom (Minggu, 11/1/2015), Kuta Malaka berlokasi di kawasan Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar. Lokasi air terjun cantik itu berada sekitar 45 kilometer dari Banda Aceh, disarankan untuk yang mau mengunjunginya menggunakan mobil besar karena akan melewati jalan yang belum diaspal.

Sepanjang perjalanan hawa terasa sejuk dan jalanan pun masih sepi, terhampar luas pesawahan hijau milik warga. Namun setelah melalui jalan sejauh 30 kilometer, Anda akan melintasi jalan yang masih berupa tanah merah.

Jika hujan jangan harap bisa melewati jalan ini dengan mudah, jalannya becek belum lagi harus melewati enam anak sungai yang lumayan dalamnya. Ada juga tanjakan yang lumayan terjal, tapi perjuangan Anda akan terbayarkan ketika sudah sampai kawasan air terjun.

Masuk ke Kuta Malakan, Anda hanya diharuskan membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang. Dari pintu masuk, Anda harus berjalan sejauh 200 meter dan melewati sebanyak 412 anak tangga. Pepohonan hijau nan sejuk akan menemani Anda selama perjalanan, belum lagi nyanyian burung yang indah, rasa lelah tidak akan terasa.

Kuta Malaka memiliki tujuh tingkat hingga ke puncak pegunungan. Tiap tingkat memiliki ketinggian yang bervariasi antara 3-6 meter. Setiap tingkat memiliki telaga di bawahnya yang memiliki kedalaman 1-2 meter. Tersedia seluncuran bagi pengunjung yang ingin berseluncur dari puncak ke telaganya.(dea)