Salah satu perusahaan operator telepon di Indonesia, PT Indosat, telah membuat sebuah iklan yang memancing kemarahan warga Bekasi. Iklan seperti apa yang mereka pakai sehingga memicu amarah warga Bekasi?

Iklan yang dimaksud adalah iklan yang disebarkan melalui akun Twitter @IndosatMania. Iklan yang berbentuk viral dari Indosat itu berjudul â??Liburan ke Aussie lebih mudah dibanding ke Bekasiâ?.

Iklan Indosat yang dianggap ejek Bekasi
Iklan Indosat yang dianggap ejek Bekasi

Iklan tersebut mendapat kecaman dari netizen Bekasi. Sebab, dengan judul seperti itu, Bekasi dianggap memiliki jarak yang lebih jauh dari Aussie alias Australia. Ariyanto, Kepala Humas PT Indosat, mengatakan sebuah iklan yang diterbitkan pasti memiliki konsep sehingga iklan yang mencantumkan nama Bekasi ini pasti sudah melalui proses panjang hingga akhirnya disetujui. Terlebih lagi, iklan produk dibuat untuk kebutuhan komersial.

Dilansir dari Intelijencoid, Senin (12/1/2015), Adrian mengatakan, penggunaan kata Bekasi dalam iklannya karena kata â??Bekasiâ? memiliki akhir rima yang senada dengan kata â??Aussieâ?. Perbandingan Aussie dengan Bekasi sendiri berasal dari sedang maraknya ejekan terhadap kota Bekasi yang sempat menjadi bulan-bulanan media sosial beberapa bulan lalu. Penggunaan kata â??Bekasiâ? sebagai materi iklan, kata Adrian, tidak lebih dari upaya agar iklan lebih mudah diingat saja.

Kota Bekasi dianggap memiliki suhu panas, tekstur jalan yang rusak, dan berdebu. Para netizen kemudian ramai-ramai mem-bully Bekasi dengan beragam meme. Seperti pada salah satu meme, Bekasi digambarkan berdekatan dengan matahari. Selain itu, salah satu penggalan film “Armageddon” tentang perjalanan menuju angkasa luar dipelesetkan menjadi perjalanan ke Bekasi.

Setelah mendapat kecaman, pihak Indosat dalam akun Twitter-nya sudah menghapus iklan tersebut dan meminta maaf. â??Hi, mohon maaf untuk ketidaknyamanya, viral ini sudah tidak kami posting. Terima kasihâ? tulisnya melalui akun @Indosatmania. (tom)