Verrys Yamarno yang baru berusia 18 tahun menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Seminggu sebelumnya, penyakit vertigo akibat kecelakaan motor yang dialami pemeran Mahar dalam film “Laskar Pelangi” ini kambuh.

“Minggu kemarin penyakitnya memang kambuh, tapi sempat sembuh juga. Saya berangkat kuliah sendiri. Pas pulang, saya lihat dia masih tidur, saya bangunin dia ternyata sudah tidak ada (meninggal),” jelas Zulfanny, pemeran Ikal di film yang sama, sekaligus sahabat dan teman satu kos Verrys ketika ditemui di kawasan Senen, Jakarta, sebagaimana dilansir dari Liputan6com, Rabu (14/1/2015).

Verrys dan Zulfanny
Verrys dan Zulfanny

Zufanny juga bercerita sejak menjalani ujian akhir semester, Verrys Yamarno sempat mengeluh tak kuat berada di ruang AC. “Sampai-sampai dia hanya mengerjakan satu SKS dari dua SKS yang diambilnya. Dia juga waktu mengerjakan ujian nggak mau di ruangan dingin, nggak kuat katanya,” kenang Zulfanny.

Diakui Zulfanny, Verrys Yamarno kerpa mengeluh pusing dan meriang. Namun menolak dibawa ke rumah sakit. Ia hanya ingin pulang ke Belitung.

“Dia mengeluh pusing di kepala, dan meriang kakinya. Kami kan nggak tahu obatnya apa, kami ajak ke rumah sakit tapi nggak mau. Katanya obatnya ada di Belitung yaitu madu. Makanya dia pengin ke Belitung,” lanjut Zulfanny.

Saat membenahi kamar kos Verrys Yamarno, Zulfanny mengatakan bahwa dirinya sama sekali tak mempunyai firasat apapun atas kejadian ini. Bahkan, almarhum juga tak memberi tanda kalau dirinya akan menghadap Sang Kuasa.

“Saya sama sekali tak ada firasat apa-apa. Dia juga tak meninggalkan pesan terakhir. Tapi memang sebelum meninggal, Verrys berubah menjadi pendiam. Mungkin dia nggak mau merepotkan siapapun,” kenang Zulfanny.

Sebagai seorang sahabat, Zulfanny berharap keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. “Semoga almarhum diterima di sisiNya,” tandas Zulfanny. (tom)