Para netizen belakangan hari ini dibuat terkejut dengan munculnya beberapa foto mesra yang diduga mirip dengan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad.

Bagaimana tidak? Foto yang beredar luas di internet itu memperlihatkan sosok yang begitu mirip dengan wajah Abraham Samad dan wanita cantik bernama Elvira Devinamira.

Dalam foto itu menunjukkan sosok pria yang diduga mirip Abraham Samad sedang berpelukan sambil mencium mesra sang Putri Indonesia 2014.

Melihat foto ini, para netizen pun melontarkan berbagai komentarnya.

“Palsu nih, perhatikan selection di tangan Abraham Samad kurang rapi dan bayangannya aneh.” kicau pengguna akun @Umar_Hasibuan

“Dibawah ketek wanita seharusnya terlihat tubuh pria dan bayangan tangan wanita. Bandingkan dgn foto lainnya,” tulis pengguna akun @aditmailtweet

“Yg bikin tuh foto pasti udah master photoshop, Sangat kelihatan asli,” kicau pengguna akun @sufyean

“Ya jelas beda garis tepi mengikuti frame fotonya…coba dianalisa lagi baik baik, bentuk frame fotonya aja beda huhuuuu..,” kicau pengguna akun @dendy_kurniadi

“Hahahaha……kurang pandai yg ngedit , masih kelihatan bohongnya #saveKPK,” kicau pengguna akun @imamsuyuthie

Setelah diselidiki lebih lanjut terkait keaslian foto itu, maka didapatkan jawaban bahwa foto tersebut hanyalah rekayasa atau editan belaka. Hal ini diungkapkan oleh Tim ahli KPK.

“KPK sudah mengkaji foto yang sudah beredar dan dipastikan itu adalah hasil editan dan rekayasa,” jelas Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, seperti dilansir Detik, Kamis (15/01/2014)

Senada dengan pihak KPK, Abraham pun memastikan bahwa sosok pria yang ada di dalam foto itu bukanlah dirinya. “Ini gosip yang sengaja disebarkan untuk menghacurkan diri saya dan mengkriminalisasi saya,” kata Abraham

Bahkan, Abraham meyakini bahwa foto itu hasil rekayasa digital. “Saya pikir itu rekayasa dan selama ini banyak orang yang ketemu dengan saya selalu minta foto,” lanjutnya.

Namun, di sisi lain, praktisi Photoshop bernama Agan Harapa justru punya kesimpulan yang berbeda. Agan mengklaim bahwa foto yang tersebar sejak 13 Januari silam itu mendekati keasliannya. “Kalau itu editan, yang edit jago banget. Menurut saya, ini 80 persen asli,” papar Agan

Lebih lanjut Agan menambahkan, foto mesra itu diambil dari kamera ponsel atau webcam. Pasalnya, resolusi foto itu sangat rendah.

“Kalau diperbesar akan kelihatan banget pikselnya dan saya nggak melihat ada berkas tempelan sama sekali,” sambung Agan.

Kendati mengklaim asli, Agan belum bisa memastikan bahwa pria di dalam foto itu merupakan Abraham Samad atau tidak. “Masalahnya, kita tidak bisa memastikan apakah benar orang di foto itu adalah Ketua KPK atau bukan,” ungkap Agan.

(nha)