Jika membahas tentang Menara Pisa yang terletak di Italia, pastinya hal pertama yang terlintas di pikiran kamu adalah kemiringan bangunan tersebut.

Tahukah kamu? Selain Pisa, rupanya ada beberapa menara miring lain di dunia lho. Bahkan, kemiringan menara-menara ini melebihi kemiringan Menara Pisa hingga 3 derajat.

Seperti dilansir Lihat.co.id, inilah 5 menara termiring di dunia.

1. Menara Miring Suurhusen

Menara Miring Suurhusen
Menara Miring Suurhusen

Salah satu menara paling miring di jagat raya adalah Suurhusen. Suurhusen sendiri adalah nama desa di utara Emden di wilayah Jerman, Frisia Timur. Sebuah gereja di desa itu memiliki sebuah menara yang unik. Sebab, bentuk menara tersebut punya kemiringan mencapai 5,19 derajat. Lantaran miring, bangunan ini mendapat gelar dari Guinness Book of World Records sejak tahun 2007 sebagai menara termiring di dunia.

2. Menara Miring Bedum

m
Menara Miring Bedum

Menara termiring di dunia selanjutnya bernama Bedum. Bangunan ini terletak di gereja St Walfridus. Bedum memiliki tinggi sekitar 36 meter. Namun, Bedum ternyata punya sudut kemiringan yang lebih besar daripada menara miring Pisa. Walau ukuran tingginya sama, menara Bedum memiliki perpindahan yang lebih besar yaitu 6 cm dibanding menara Pisa.

3. Menara Miring Chesire Selatan

menara Miring Chesire Selatan
Menara Miring Chesire Selatan

Chesire Selatan juga diklaim sebagai salah satu menara miring di dunia. Menara yang bertempat di desa Wybunbury ini memiliki tinggi 29,3 meter. Pada Tahun 1832, Chesire Selatan resmi distabilkan menggunakan teknik pengangkatan dari bawah oleh James Trubshaw. Alhasil, bentuk menara ini pun terlihat miring.

4. Menara Miring Madrid

Menara Miring Madrid
Menara Miring Madrid

Salah satu kota ternama di Spanyol ini punya menara yang bentuknya miring lho. Sesuai nama kotanya yakni Madrid, menara miring ini berdiri indah menghiasi jalanan kota. Bangunan miring Madrid terdiri dari 2 menara kokoh dengan tinggi masing-masing sekitar 115 m. Menara miring Madrid pertama kali dibangun pada tahun 1996 oleh Philip Johnson dan John Burgee dengan tingkat kemiringan 15 derajat.

5. Menara Miring Huludao

Menara Miring
Menara Miring Huludao

Terakhir adalah menara miring bernama Huludao. Layaknya keempat bangunan di atas, Huludao juga diklaim sebagai menara termiring di dunia. Menara yang didirikan pada masa Dinasti Liao ini terletak di Huludao, timur laut provinsi Liaonin, Cina. Bangunan ini punya tinggi 10 meter serta memiliki kecenderungan miring 12 derajat ke arah timur laut.

(nha)