Pemain bass atau disebut dengan bassist dalam sebuah band bisa dikatakan vital kehadirannya. Meskipun sering dianggap ‘bermain tanpa suara’, namun sebuah lagu tanpa bass tidak bisa dinikmati seutuhnya. Dilansir dari blog Muzamilrr, Jumat (16/1/2015), berikut adalah 5 pemain bass atau bassist terbaik Indonesia.

1. Bondan Prakoso

Bondan Prakoso
Bondan Prakoso

Bondan semasa kecilnya dikenal sebagai penyanyi cilik, yang terkenal dengan lagu “Si Lumba-lumba”-nya. Beranjak dewasa, dirinya kemudian memilih alat musik bass dan bergabung di band Funky Kopral, dan kini dirinya lebih sering tampil solo. Gaya bermain Bondan ini bisa dibilang mirip dengan gaya main bassist Red Hot Chili Peppers, Flea.

2. Barry Likumahuwa

Barry Likumahuwa
Barry Likumahuwa

Pemain bass yang bernama lengkap Elseos Jeberani Emanuel Likumahuwa ini lahir pada tanggal 14 Juni 1983. Meski tidak memiliki band tetap, dirinya diakui sebagai musisi handal dari Indonesia. Selain itu dia juga belajar bass secara otodidak, walau pernah belajar secara teori namun tidak dia gunakan saat praktiknya. Barry memilih jenis musik jazz sebagai alirannya, berbeda dengan Bondan yang sedikit funk.

3. Swara Wimayoga

Wima J-Rocks
Wima J-Rocks

Mungkin kamu tidak mengenalnya jika diperlihatkan nama lengkapnya. Dia lebih dikenal sebagai Wima dari band J-Rocks. Gaya bermain Wima ini terpengaruh dari pemain bass band L’Arc~en~Ciel bernama Tetsuya dari Jepang. Wima juga sempat memiliki latar belakang pendidikan musik dan tidak mempelajari bass secara otodidak seperti Barry.

4. Thomas Ramdhan

Thomas Ramdhan
Thomas Ramdhan

Musisi yang satu ini bisa dibilang musisi senior. Dirinya telah berada di dalam dunia musik sejak lama bersama band GIGI. Thomas merupakan seorang gitaris hingga SMA, dan kemudian beralih ke alat musik bass. Yang unik dari bass milik Thomas ini adalah tuning atau seteman bassnya. Jika biasanya seteman standar bass dari senar 1 adalah G-D-A-E, maka seteman bass Thomas adalah G-D-G-D.

5. Erwin Gutawa

Erwin Gutawa main bass bersama Thomas GIGI
Erwin Gutawa main bass bersama Thomas GIGI

Banyak yang mengenal sosok Erwin Gutawa sebagai seorang komposer di samping Addie MS, namun sebenarnya Erwin Gutawa ini adalah seorang bassist. Ia sempat jadi bassist di Orkes Telerama pimpinan Isbandi yang ditayangkan di TVRI tahun 1980. Meski kini terjun ke dunia musik, sebenarnya Erwin Gutawa adalah lulusan Teknik Arsitektur Universitas Indonesia. (tom)