Fenomena suatu benda yang bisa dibuat dengan menggunakan printer 3D makin bikin kita geleng-geleng kepala. Setelah banyak dikabarkan bisa membuat barang-barang kecil seperti senjata tangan, kali ini sebuah benda yang lebih besar, yaitu mobil pun bisa dicetak printer tersebut.

Mobil itu dinamakan mobil Strati, dan dibuat oleh Local Motors di Chicago, Amerika Serikat. Untuk membuat mobil ini, Local Motors bekerja sama dengan Chincinnati Incoporated, dan dikembangkan laboratorium Oak Ridge National menggunakan desain open-source. Mobil ini bakal dipajang di NAIAS 2015 ini.

Dilansir dari situs resmi Local Motors, Jumat (16/1/2015), yang dicetak menggunakan printer 3D ini hanya bagian bodi saja, yang mana terbuat dari bahan Termoplastik. Sementara untuk bagian lainnya menggunakan suku cadang mobil sungguhan. Untuk pembuatan bodi mobil ini dibutuhkan waktu selama 44 jam.

Pada bulan April 2014 lalu Local Motors juga menyelenggarakan 3D Printed Design Challenge. Dari ajang itu dipilih 7 finalis yang terpilih dari 200 peserta dan tantangan tersebut dimenangkan Michele Anoe, yang beruntung bisa membantu proses produksinya.

Sebelumnya percetakan menghabiskan tiga hari untuk penggilingan dan perakitan, dan tes pertama sudah dilakukan 13 September 2014 yang lalu dan sudah di produksi massal akhir 2014 yang dibandrol antara Rp 227 juta sampai Rp 378 juta.

Mobil Strait ini diklaim sebagai mobil yang terbuat dari printer 3D pertama di dunia, meskipun tidak diperuntukkan di jalan raya karena tidak memenuhi uji kemanan yang diperlukan. Kabar baiknya, ini merupakan kemajuan di industri otomotif, karena Strati keseluruhan bodinya dibuat dengan mesin printer 3D, termasuk pegangan as roda, lampu, setir dan joknya.

Kamu bisa lihat hasil jadinya serta sedikit pembuatan mobil Strati ini pada video di atas. (tom)