Film animasi memang memberikan warna tersendiri di tengah banyaknya tontonan bergenre drama maupun horor. Umumnya, film animasi banyak ditonton oleh anak-anak lantaran jalan ceritanya yang menarik dan tokohnya yang lucu.

Tapi, film animasi juga bisa ditonton semua umur lho! Pasalnya, di dalam film animasi mengandung pesan moral yang sangat mendidik bagi para penontonnya. Dilansir Fimela.com, Sabtu (17/01/2015), inilah 5 film animasi paling edukatif.

1. Finding Nemo

Finding Nemo
Finding Nemo

Finding Nemo menjadi salah satu film animasi yang diklaim paling edukatif bagi penonton. Film ini berkisah tentang perjuangan sang ayah dalam mencari anaknya bernama Nemo yang hilang saat berenang di permukaan laut. Film animasi dengan latarbelakang kehidupan ikan dan bawah laut ini menyampaikan pesan bahwa apapun yang dilakukan oleh orangtua pasti demi kebaikan anak. Namun, orangtua juga harus bisa lapang dada untuk membiarkan sang anak menjalani hidupnya sendiri.

2. Shrek

Shrek
Shrek

Selanjutnya ada film Shrek yang juga menjadi tontonan animasi edukatif. Film ini memiliki pesan moral yakni jangan pernah menilai baik atau buruknya seseorang dari penampilannya saja. Hal ini tercermin dari cerita di film Shrek. Seorang ayah yang memiliki putri cantik bernama Viona melarang keras hubungan sang buah hati dengan Shrek. Sebab, pemuda itu memiliki paras aneh dan penampilan mengerikan. Padahal di balik penampilan buruk Shrek, pemuda itu punya kebaikan hati yang tak ternilai harganya.

3. Wall E

Wall E
Wall E

Jika umumnya sebuah film animasi memperlihatkan latar belakangan dengan lingkungan indah dan bersih, maka lain halnya dengan Wall E. Ini adalah film animasi dengan latar belakangan lingkungan yang kotor. Tapi, terlepas dari itu semua. Wall E punya pesan moral tersendiri. Sang penulis ingin menyampaikan pesan kepada penonton untuk selalu menjaga lingkungan dengan memperhatikan kebersihan di sekitar. Wall E sendiri adalah sebuah robot yang ditugaskan untuk menjaga kebersihan bumi. Robot saja bisa peduli dengan lingkungan. Nah, kita sebagai manusia juga jangan kalah dengan robot untuk menjaga kebersihan lingkungan.

4. Up

Up
Up

Up pun juga menjadi film animasi paling edukatif. Film ini berkisah tentang usaha seorang kakek bernama Carl Fredricksen yang ingin mewujudkan mimpi istrinya yang telah meninggal dunia, untuk memiliki sebuah rumah yang berada di atas sebuah bukit batu. Terdengar mustahil memang, tapi Carl tetap berupaya keras untuk mengabulkan impian sang istri. Ia pun mencari tempat impian sang istri dengan cara mengikatkan balon-balon gas di sekeliling rumah supaya ia bebas menerbangkan dan memindahkan rumahnya ke tempat yang diinginkan. Alhasil, Carl pun sukses membawa rumahnya ke tempat impian yang diinginkan oleh sang istri. Film ini mengajarkan kita untuk selalu semangat dan jangan pernah putus asa jika ingin meraih keinginan.

5. Tarzan

Tarzan
Tarzan

Terakhir, Tarzan juga termasuk ke dalam film animasi paling edukatif. Tarzan sendiri mengkisahkan tentang seorang anak yang hilang di hutan, kemudian dibesarkan oleh kawanan gorila. Setelah Tarzan beranjak remaja, ia bertemu dengan seorang wanita bernama Jane yang tengah berekspedisi di hutan. Seiring intensnya bertemu, mereka pun saling jatuh hati. Dalam perjalanannya, kelompok ini dikawal oleh seorang laki-laki yang ternyata punya niat buruk pada kawanan gorilla, bernama Clayton. Film Tarzan menyampaikan pesan bahwa jangan pernah menjual kepercayaan pada orang lain walau demi cinta sekalipun.

(nha)