Jika kamu memperhatikan secara detail, pasti ada di beberapa tempat wisata yang terdapat aksi coret-coret dinding. Aksi ini sering disebut dengan vandalisme. Salah satu objek wisata yang terdapat aksi coretan adalah di tembok besar China.

Uniknya, dari banyaknya coretan di tembok raksasa itu, ditemukan coretan bertuliskan Indonesia. Seperti dilansir TravelDetik, Minggu (18/01/2015), coretan itu bisa wisatawan lihat di salah satu bagian tembok. Tentu saja, yang menulis coretan ini adalah orang-orang jahil.

Coretan ini terlihat berwarna hitam dan ukurannya cukup mencolok. Di situ tertulis tanggal ‘2010-09-05’ dan dibawah kata ‘Indonesia’ terlihat pula nama orang tersebut dan asal kotanya, ‘Samarinda’. Selain itu, tepat di sudut kiri atas coretan itu juga terlihat nama-nama dan kota Indonesia lagi.

Selain coretan bertuliskan kata Indonesia, ada pula berbagai bahasa dan aneka warna lain di bagian tembok tersebut. Sungguh usil aksi wisatawan yang melakukan hal ini. Padahal, tembok besar China adalah destinasi favorit yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari belahan dunia.

Bahkan, setiap tahunnya angka kunjungan para turis selalu meningkat drastis. Di sini, kamu bisa melihat pemandangan indah kota Beijing dari ketinggian. Saking megahnya bangunan tembok besar China, tempat wisata ini menjadi ternama di kalangan para wisatawan.

Selain menjadi objek wisata ternama, tembok besar China juga dikenal sebagai satu-satunya bangunan buatan manusia yang bisa dilihat dari luar angkasa. Hebatnya, tembok besar China berhasil masuk dalam daftar peninggalan dunia UNESCO sejak 1987.

Untuk mengantisipasi aksi dari para wisatawan jahil, pihak pengelola objek wisata ini telah memasang papan pengumuman bertuliskan ‘Please Protect Cultural Relics. No Graffiti’ di beberapa tempat di Tembok Besar China.

Semoga saja tidak ada lagi orang-orang jahil yang mencorat-coret bagian tembok ini lagi ya. (nha)