Musim penghujan telah tiba, di musim seperti ini seseorang rentan terserang penyakit. Apalagi jika Anda orang yang kurang persiapan dalam melindungi diri dari serangan berbagai kuman atau bakteri. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa terhindar dari penyakit musiman di saat seperti ini.

Dikutip dari boldsky (Selasa, 20/1/2015), berikut ini lima cara cegah penyakit di musim hujan,

1. Hindari Hujan Pertama

Jika sudah melihat tanda-tanda mau hujan, segeralah berteduh dan sebisa mungkin hujan yang baru pertama kali turun. Karena pada air hujan yang baru pertama kali turun mengandung asam yang tinggi dan banyak kotoran yang tertempel di atmosfer.

2. Hindari Pakaian Basah

Jika baju Anda basah setelah kehujanan, sebaiknya segera ganti pakaian dengan yang kering. Ada baiknya untuk selalu membawa baju ganti di musim hujan seperti sekarang ini. Selalu kenakan jas hujan untuk pengendara motor agar pakaian Anda tetap kering. Terlalu lama membiarkan baju yang lembap menempel dengan tubuh, dapat meresap ke paru-paru hingga akhirnya rentan terhadap penyakit.

3. Cuci Kaki

Air hujan seringkali membuat genangan-genangan air pada jalanan yang berlubang. Jika Anda terkena cipratan dari genangan air yang kotor tersebut, segeralah cuci kaki sampai bersih. Rendam kaki dengan air hangat, bila perlu gosokan dengan garam untuk menghindari infeksi dari kuman dan bakteri.

4. Mandi Air Hangat

Jika sudah kehujanan, segeralah mandi dengan air hangat. Selain berfungsi untuk menghangatkan tubuh yang kedinginan, air hangat juga mampu menyingkirkan semua kuman dan menghindarkan Anda dari segala infeksi.

5. Sabun Antiseptik

Pada saat mandi, pastikanlah mandi dengan menggunakan sabun antiseptik. Hal ini dapat membantu Anda terhindar dari resiko terkena penyakit oleh serangan kuman atau bakteri yang ada pada air hujan yang kotor.(dea)