(sumber: istimewa)

Bagi kamu pecinta musik, nama-nama festival besar dunia seperti Coachella, Lollapalooza dan Tomorrowland sepertinya sudah tidak asing lagi. Acara-acara yang digelar sekali setahun ini selalu mendapat perhatian dari para penggila musik dan kadang membuat iri masyarakat Indonesia karena diadakan di luar negeri. Tapi jangan salah, Indonesia sendiri juga memiliki festival-festival musik besar yang diselenggarakan tiap tahun. Apa saja di antaranya? Yuk, intip di sini.

1. Djakarta Warehouse Project

Djakarta Warehouse Project
Djakarta Warehouse Project

Gelaran musik elektronik tahunan yang sering disebut sebagai DWP ini selalu memancing antusias masyarakat musik Indonesia, terutama bagi pecinta musik dance. Beragam aliran musik dance ada di sini, dari remix, dubstep, trance sampai techno. Pertama kali diadakan pada tahun 2012, DWP juga sukses menyandang predikat sebagai salah satu festival musik dance terbesar se-Asia Tenggara. Bagaimana tidak, setiap kali diselenggarakan DWP selalu menghadirkan musisi-musisi serta DJ-DJ kondang baik dari dalam maupun luar negeri, seperti Skrillex, Calvin Harris, Avicii dan Steve Aoki.

2. Hammersonic Festival

Hammersonic 2014
Hammersonic 2014

Tak mau kalah dengan para pecinta musik elektronik, para pendengar musik metal di Indonesia pun juga memiliki festival sendiri yang ditunggu-tunggu untuk memuaskan gejolak headbang mereka: Hammersonic. Hammersonic Festival pertama kali hadir di 2012 dengan mengundang nama-nama seperti Suffocation, Nile, DRI, Agnostic Front dan lain-lain serta berhasil menarik sekitar 25.000 metalhead. Dengan band-band metal internasional lainnya yang juga pernah mengisi acara ini adalah Bullet For My Valentine, Kreator, dan Hatebreed Hammersonic disebut-sebut sebagai gelaran musik cadas termegah se-Asia. Tahun ini, Hammersonic Festival akan kembali diadakan bulan maret nanti dengan guest star Lamb Of God.

3. Jakarta International Java Jazz Festival

Java Jazz
Java Jazz

Jakarta International Java Jazz Festival atau biasa dikenal dengan Java Jazz berhasil mematahkan pendapat orang-orang yang beranggapan bahwa jazz adalah musik eksklusif dan hanya dapat dinikmati oleh kalangan tertentu saja. Festival yang rutin diadakan tiap bulan maret ini diakui sebagai salah satu festival jazz terbesar di dunia. Sampai sekarang Java Jazz sudah sepuluh tahun diadakan dan secara keseluruhan telah berhasil mendatangkan ratusan ribu penggemar musik. Salah satu momen paling bersejarah Java Jazz ada di tahun 2013, dimana YouTube menempatkan Java Jazz di peringkat keempat live streaming yang paling banyak ditonton.

4. Soundrenaline

Soundrenaline
Soundrenaline

Event musik yang disponsori oleh salah satu merek rokok ini adalah salah satu festival musik terbesar di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu tiap tahunnya. Sempat absen pada tahun 2010, hingga kini Soundrenaline telah diadakan selama dua belas kali. Tak seperti festival besar lain yang hanya diadakan di Jakarta, keunikan Soundrenaline adalah event ini berkonsep roadshow atau berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya.

5. Java Rockinâ??land

rockinland
Java Rockin’land

 

Java Rockinâ??land adalah festival musik rock terbesar di Indonesia yang diadakan selama tiga hari tiap tahunnya. Sama seperti 3 festival besar lainnya, event musik yang selalu bertempat di Ancol ini juga tak kalah dalam menghadirkan musisi-musisi yang telah mendunia. Band-band rock internasional yang pernah tampil di festival yang sudah 5 kali diadakan sejak tahun 2009 ini adalah Smashing Pumpkins, Sugar Ray, Sixpence None Richter dan The Cranberries. (alo)