Makna sukses bagi setiap orang berbeda-beda, tergantung tujuan dan impian yang ingin dicapainya. Tapi dari keberagaman makna tentang kesuksesan itu bisa ditarik benang merahnya yaitu memberi kepuasan terhadap diri sendiri.

Namun ketika mencapai kesuksesan, seseorang bisa lupa terhadap hal-hal yang dianggap kecil tapi sebenarnya sangat berharga dan sulit didapatkan. Dikutip dari hipwee (Kamis, 22/1/2015), berikut ini lima hal yang lebih penting daripada hanya sekedar mencapai kesuksesan.

1. Ikatan Keluarga

Jangan berbangga dulu jika Anda sudah sukses namun keluarga tidak ada yang dapat melihat atau merasakan dari kesuksesan yang Anda telah peroleh. Keluarga adalah kelompok kecil yang membuat Anda bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang. Keluarga Anda selalu menunggu Anda pulag dengan selamat sampai rumah, sukses Anda tidak akan bermanfaat jika Anda tidak punya waktu untuk berkumpul atau hanya sekadar memikirkan tentang ikatan keluarga yang Anda miliki. Anda akan menyesal jika keluarga Anda telah pergi meninggalkan Anda kelak dan belum bisa berbuat apa-apa untuk mereka.

2. Orang yang Anda Cinta

Mencapai kesuksesan memang penting, tapi menemukan cinta dan mempertahankannya itu jauh lebih penting. Ketika Anda sudah sibuk dengan kesuksesan Anda, menemukan cinta sejati akan jadi sulit. Dengan adanya orang terkasih yang berada di samping Anda, bukan hanya berfungsi sebagai pendukung, tapi juga akan menjadi teman pendamping yang baik jika suatu saat Anda tiba-tiba jatuh.

3. Waktu

Kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap orang adalah kemampuan untuk dapat memanajemen waktu. Karena Anda tidak bisa memutarbalikkan waktu yang telah terlewat. Uang atau harta dapat dicari lagi, tapi waktu yang hilang tidak bisa Anda dapatkan kembali. Manajemen waktu Anda sebaik mungkin agar tercipta keseimbangan dalam hidup.

4. Kepedulian Terhadap Sesama

Para orang sukses di dunia sudah membuktikan, kesuksesan tidak akan ada artinya jika tidak dibagi terhadap sesama. Cara Anda membantu sesama yang berkekurangan adalah definisi dari keberhasilan Anda sebagai manusia.

5. Pertemanan

Meski Anda telah sukses, bukankah itu semua tidak berarti tanpa adanya teman? Anda tentu akan merasa bosan jika tidak ada teman yang bia diajak bermain di sekitar Anda. Pertemanan yang baik adalah teman yang tulus tanpa melihat apa status Anda sekarang. Jadi jika Anda sudah memiliki teman yang baik, pertahankanlah itu sebaik mungkin.(dea)