Anjing sering dianggap sebagai sahabat terbaik manusia. Tak jarang ada orang yang sangat terikat dengan hewan peliharaan yang menggemaskan tersebut. Persahabatan antara anjing dan manusia pun sudah banyak terjadi. Mungkin Anda tahu cerita anjing Hachiko yang ada di Jepang? Begitu setianya dengan tuannya, Hachiko bahkan sampai rela menunggu kedatangan tuannya yang tidak pernah kembali.

Persahabatan antara anjing dan manusia pun terjalin begitu erat antara Bo Laoma dan anjing yang sudah seperti sahabat baik bagi dirinya.

Dikutip dari shanghaiist (Kamis, 22/1/2015), Bo Lauma adalah penderita lumpuh yang sehari-hari bekerja sebagai tukang sol sepatu. Dalam kesehariannya, Bo harus menggunakan sepatu roda untuk membantunya berjalan. Tapi ketika berjalan, Ia tidak sendirian, ada sahabat setianya yang selalu membantu mendorong kursi rodanya, sehingga Bo tidak perlu kesulitan saat menggunakan sepatu rodanya.

Kondisi Bo sangat memprihatinkan, Ia harus menderita lumpuh dari bagian pinggah hingga kakinya. Perjalanan Bo dari rumah sampai ke stan tempatnya biasa mensol sepatu tidaklah dekat, belum lagi Ia hrus menempuh perjalanan yang naik turun bukit.

Berkat anjing berwarna cokelat yang sangat pengertian terhadap tuannya, Bo sangat dimudahkan. Anjingnya itu setia menemani kemanapun Bo pergi. Dengan kedua kaki depannya, anjing tersebut mendorong Bo dari belakang. Begitu sehari-hari, sudah seperti manusia yang mendorong kursi roda orang lain.

Persahabatan keduanya begitu terlihat. Bo menuturkan bahwa persahabatannya dengan anjing itu tidak bisa dipisahkan. Ia pun menambahkan, anjingnya itu lebih pintar daripada yang sering Ia lihat di televisi. Keduanya terlihat saling menyayangi.

Perlakuan anjing cokelat tersebut kepada Bo menunjukkan pada kita bahwa hewan pun memiliki rasa cinta meski tidak seperti manusia. Sebagai manusia yang lebih sempurna dari hewan, kita harus lebih mampu menunjukkan kasih sayang kita kepada sesama. Karena bagaimanapun, anusa adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan orang lain.(dea)