Dalam teknologi komunikasi seluler, keberadaan SIM Card atau kartu SIM tidak kalah penting dari posisi ponsel itu sendiri. Karena tanpa kartu SIM, kita tidak bisa menelepon dan SMS teman atau pacar, serta tidak bisa internetan di ponsel. Meski banyak yang sudah tahu apa itu kartu SIM, tidak ada salahnya untuk tahu asal-usul dan juga perkembangan kartu SIM itu sendiri.

Awalnya, kartu SIM dibuat pada tahun 1991 oleh duet penemu asal Jerman bernama Hermann Giesecke dan Alphonse Devrient. Waktu itu keduanya membesut SIM Card untuk sebuah perusahaan telekomunikasi di Finlandia. Bentuk kartu SIM waktu itu tidak sekecil saat ini.

Mulanya SIM Card hanya bernama â??SIMâ? saja atau Subciber Identity Mocule yang kemudian ditambahkan â??Cardâ? sehingga miliki arti harfiah â??Kartu SIMâ?. SIM Card juga bisa dikatakan sebagai identitas pemilik kartu yang digunakan dalam sistem GSM sedangkan kartu RUIM populer dalam sistem CDMA.

Mari kita lihat satu-persatu mengenai perkembangan kartu SIM dari masa ke masa.

1. Full Size SIM Card

Kartu SIM ukuran penuh
Kartu SIM ukuran penuh

Kartu SIM ini adalah jenis kartu SIM pertama yang digunakan untuk perangkat ponsel jadul. Berbeda dengan sekarang, ponsel lama mengharuskan pemiliknya untuk memasukkan ukuran penuh kartu SIM ini ke dalam ponsel. Kartu SIM ini dibuat pada tahun 1991, yaitu tahun dimana kartu SIM ditemukan. Kartu ini memiliki ukuran kartu kredit (85.6 mm x 53.98 mm x 0.76 mm).

2. Mini SIM

Mini SIM
Mini SIM

Kartu SIM jenis ini adalah kartu SIM yang paling populer karena masih banyak yang menggunakan kartu jenis ini hingga sekarang. Kartu ini mulai digunakan sekitar tahun 1996. Umumnya kartu ini dijual berupa kartu SIM ukuran penuh, lalu kita bisa memotongnya sendiri untuk kemudian dimasukkan ke dalam ponsel. Ukuran kartu ini adalah 25 mm x 15 mm x 0.76 mm.

3. Micro SIM

Micro SIM
Micro SIM

Memasuki era ponsel pintar alias smartphone, maka Micro SIM yang jadi populer. Micro SIM ini ukurannya tidak jauh berbeda dengan Mini SIM di atas, karena memang Micro SIM ini berasal dari Mini SIM yang kemudian dikecilkan ukurannya dengan cara dipotong. Meski baru banyak bermunculan saat era ponsel pintar seperti sekarang ini, namun Micro SIM ini sudah ada sejak tahun 2003. Ukuran Micro SIM adalah 15 mm x 12 mm x 0.76 mm.

4. Nano SIM

Nano SIM
Nano SIM

Selain Micro SIM, kini ada lagi kartu SIM dengan ukuran yang lebih kecil lagi, yang bernama Nano SIM. Bisa dibilang kalau Nano SIM ini hanya menyisakan bagian chip-nya saja. Untuk sementara ini masih sedikit sekali perangkat ponsel yang menggunakan kartu SIM jenis ini. Padahal jenis kartu ini sudah diperkenalkan pada tahun 2012, tepatnya pada tanggal 11 Oktober. Ukuran kartu ini adalah 12.3 mm x 8.8 mm x 0.67 mm.

Selain keempat jenis kartu SIM itu, ada satu lagi jenis kartu SIM, yaitu jenis kartu SIM yang tertanam langsung di perangkat ponsel, atau istilahnya Embedded-SIM, namun seperti Nano SIM, masih jarang yang menggunakan jenis kartu ini. (tom)