Unik, Ada Kuda Berbulu Emas

Kamu tentunya sudah mengenal hewan bernama kuda. Hewan ini sudah banyak berjasa di bidang transportasi saat mobil atau motor belum ditemukan. Kuda sejak zaman dahulu sebagai kendaraan penarik kereta kuda dan juga digunakan untuk bercocok tanam mengolah lahan pertanian serta digunakan sebagai satuan ukuran kecepatan pada benda-benda otomotif.

Pasti yang kalian tahu kuda itu berbulu hitam, putih, abu-abu, atau coklat. Namun kuda yang satu ini terbilang unik, karena memiliki warna bulu menyerupai emas. Kuda yang berwujud seperti kuda dalam dunia dongeng itu bernama Akhal Teke, yang merupakan keturunan atau breeding dari Turkmenistan.

Selain berpenampilan penuh kemilau seperti emas, kuda jenis ini juga dikenal cepat, tangguh, serta punya daya tahan hebat untuk medan berat.

Akhal Teke
Akhal Teke

Konon Akhal-Teke hanya tinggal sedikit jumlahnya. Kuda unik yang juga jadi lambang negara Turkmenistan ini dilaporkan hanya tersisa sekitar 3500 ekor di bumi.

Banyak pendapat berkembang mengenai asal-usul kuda emas ini. Dilansir dari Equiworld, Kamis (22/1/2015), salah satu teori menyebut bahwa Akhal-Teke sudah ada sejak ribuan tahun lalu namun disembunyikan oleh suku terpencil di gurun Kara Kum. Namun ada pula yang mengklaim bahwa kuda jenis ini sudah dipakai saat bangsa Mongol jadi penguasa dunia di abad ke-13 dan ke-14.

Sebagai ras unggul, Akhal Teke terus disilang dengan kuda jenis lain agar bisa menghasilkan keturunan baru dan tidak punah. Kuda emas ini sudah terbukti sangat tangguh, dengan postur atletis maka kuda ini sering dijadikan sebagai kuda olahraga. Prestasinya tercatat pada ajang Grand Prix de Dressage pada Olimpiade tahun 1960 di Roma, lalu Olimpiade tahun 1964, serta membantu tim Soviet meraih medali emas pada Olimpiade 1968 di Mexico City.

Mari kita berharap agar ras unggul kuda ini tidak punah dan bisa terus dilestarikan. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Ini 35 Pertanyaan yang Bikin Dua Insan Jatuh Cinta

Gagal Balikan, Justin Bieber Dekati Hailey Baldwin