Umumnya, sebuah desa ditinggali oleh sejumlah penduduk dengan berbagai keragaman di dalamnya. Berbeda dengan kawasan kota, tingkat sosial di desa relatif lebih tinggi. Selain itu, masyarakat desa pun memiliki sifat ramah tamah.

Namun, pernahkah kamu membayangkan ada desa unik yang mampu mencuri perhatian dunia. Keunikan yang dimiliki desa-desa berikut pun tergolong tak wajar. Dilansir berbagai sumber, Kamis (22/01/2015), inilah 5 desa paling curi perhatian dunia.

1. Desa Berambut Panjang

Desa Berambut Panjang
Desa Berambut Panjang

Desa berambut panjang, begitulah nama desa yang terletak di negara China ini. Di desa tersebut, banyak kaum wanita dari kelompok etnis minoritas Desa Huangluo Yao yang memiliki rambut panjang. Tak tanggung-tanggung, panjang rambut mereka sampai semata kaki. Ternyata, rambut panjang yang mereka pelihara adalah tradisi adat leluhur. Masyarakat etnis Huangluo Yao percaya bahwa rambut panjang wanita memberikan umur yang panjang, kekayaan, dan keberuntungan. Lantaran semua wanitanya berambut super panjang, desa ini diberikan penghargaan oleh Guinness World Record.

2. Desa Kembar

Desa Kembar
Desa Kembar

Beranjak ke India, negara ini juga punya desa unik sekaligus menarik perhatian dunia. Tepatnya di Kodinji, kamu bisa melihat orang-orang kembar yang hidup di desa kembar. Untuk membedakan mereka, kamu harus melihat tanda lahir di lehernya. Berdasarkan data rumah sakit di desa itu, hampir 10 tahun belakangan ini tercatat ada 100 sampai 150 pasangan kembar.

3. Desa Berpenduduk 1 Orang

Desa Berpenduduk 1 Orang
Desa Berpenduduk 1 Orang

Jika umumnya desa dihuni oleh banyak masyarakat, maka lain halnya dengan desa yang satu ini. Desa yang berada di Wyoming, Colorado, Amerika ini hanya memiliki penduduk satu orang. Bufford adalah nama dari desa ini. Kata Bufford sendiri berasal dari nama John Bufford. Desa ini pertama kali dibentuk pada tahun 1866. Mulanya, desa ini dihuni oleh 2000 orang yang notabene bekerja sebagai pegawai kereta api. Tetapi, lantaran sektor kereta api semakin menurun, akhirnya seluruh masyarakat migrasi ke berbagai tempat lain di tahun 1990, kecuali Don Sammons yang masih setia tinggal di desa Bufford.

4. Desa Populer untuk Kawin Lari

Desa Populer untuk Kawin Lari
Desa Populer untuk Kawin Lari

Selanjutnya, ada desa bernama Gretna Green yang diklaim sebagai desa untuk kawin lari. Desa ini berlokasi di kota Gretna Green, Scotlandia. Sejak 250 tahun silam, desa ini dijadikan tempat tujuan para pasangan yang ingin melakukan upacara perkawinan secara diam-diam. Kejadian unik ini pertama kali terjadi saat tahun 1754. Kala itu, Inggris mengeluarkan undang-undang Lord Hardwicke’s Marriage Act. Undang-undang tersebut mengharuskan pernikahan warga Inggris dan Wales disertai upacara formal. Meski begitu, undang-undang tersebut tidak berlaku di Skotlandia. Itulah sebabnya, sejumlah pasangan di Wales yang ingin menghindari undang-undang tersebut banyak yang melarikan diri ke Skotlandia dan melakukan upacara pernikahan di Gretna Green.

5. Desa Popeye

Desa Popeye
Desa Popeye

Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan kartun Popeye bukan? Ternyata, di dunia nyata ada sebuah desa yang di dalamnya memiliki kehidupan layaknya film kartun tersebut. Desa SweetHaven atau yang lebih populer dengan nama Desa Popeye berada di pulau Gozo, Malta, Eropa. Desa ini dibangun dengan menggunakan kayu gelondongan yang diimpor dari Belanda dan Kanada. Bangunan-bangunan ini pun dicat dengan aneka warna. Selain itu, kamu juga bisa melihat aksi dari Popeye si pelaut, si cantik Olive Oyl, Bluto, Sweâ??Pea, dan Wimpy.

(nha)