Jika sudah putus dengan sang kekasih, tak sedikit orang terutama kaum wanita yang menghapus semua jejaring sosial milik mantan.

Hal itu dilakukan lantaran ingin melupakan kenangan bersama mantan di masa lalu. Menurut kaum perempuan, menghapus jejaring sosial sang mantan bisa membuat mereka move on.

Terkait kasus ini, sebuah survei yang dilakukan oleh situs Mobile Slots di Inggris, menyimpulkan bahwa sekitar 8 dari 10 atau sebesar 84% wanita akan menghapus sosial media para mantan kekasih. Kendati demikian, ada pula sekitar 48% wanita yang masih mau berteman dengan mantan di jejaring sosial.

“Aku pikir aku tidak bisa berteman dengan salah satu mantanku di media sosial, itu akan sangat canggung. Aku memilih untuk menghapus mereka secepatnya setelah kami putus; itu membuat semuanya lebih jelas. Orang-orang yang berkata bisa berteman dengan mantan adalah suatu kebohongan,” ujar seorang wanita yang menjadi responden survei, seperti dilansir Wolipop, Sabtu (24/01/2015)

Selain itu, survei ini pun menemukan bahwa perempuan juga akan menghapus sahabat dari sang mantan di jejaring sosialnya. Pasalnya, mereka tak ingin lagi berhubungan dengan orang-orang yang berkaitan dengan mantan.

Selain menghapus akun jejaring sosial mantan, para wanita juga menghapus semua foto kebersamaan yang pernah diunggah di media sosial. Diakui 21% wanita, mereka lebih sulit move on apabila melihat foto kebersamaan dengan mantan di media sosial.

Ironisnya, sekitar 2% wanita malah memanfaatkan media sosial untuk memutuskan jalinan cinta dengan mantan. Adapun alasan mereka melakukan hal itu lantaran tak ingin bertatap muka dan berbicara banyak dengan mantan.

“Sebelum masanya media sosial, mengakhiri hubungan dilakukan dengan cara yang langsung pada tujuannya; dan kalian tak perlu bertemu lagi,” ujar juru bicara dari pihak Mobile Slots yang melakukan survei.

(nha)