Manado tak hanya memiliki Bunaken yang terkenal akan keindahannya alam lautnya. Banyak pulau-pulau atau spot-spot yang menarik yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke kota yang terkenal dengan keripik pedasnya ini. Dikutip dari Hipwee (Minggu, 25/1/2015), berikut ini lima surga di Manado yang wajib dikunjungi.

1. Pulau Siladen

Jika Anda ingin melihat kawanan lumba-lumba yang cantik dan menari-nari di atas air, wajib mengunjungi tempat yang satu ini. Pulau Siladen, adalah salah satu pulau yang membentuk Taman Nasional Bunaken-Manado. Pulau ini ukurannya imut-imut hanya 31 hektar. Anda juga bisa melihat panorama bawah lautnya yang sangat menkajubkan.

2. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua memiliki gunung api bawah laut yang sangat memikat. Dengan kedalaman kurang dari 50 meter di bawah laut, Anda bisa melihat kubah lava yang mengeluarkan gelembung udara dan karang lava. Gunung ini dikelilingi para hiu. Selain melihat gunung api bawah lautnya yang cantik, Anda juga bisa menikmati pantai, menjelajah hutan lindung, dan melihat makam para raja.

3. Sawangan, Minahasa

Buat yang ingin memacu adrenalin, bisa dengan menikmati rafting di sungai yang ada di Desa Sawangan, Kecamatan Airmadidi, Minahasa. Ada tiga rute arung jeram yang bisa Anda nikmati dengan kesulitan yang berbeda-beda, yakni sungai yang jaraknya 20 menit, 1 jam, hingga 3 jam.

4. TN Bogani Nani Wartabone

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone terletak di Sulawesi Utara. Anda bisa melihat si hewan lucu nan imut yakni Tarsius. Tarsius merupakan hewan primata terkecil di dunia, karena panjangnya hanya 15 cm.

5. Cagar Alam Tangkoko

Satu lagi tempat yang menawarkan pemandangan alamnya yang hijau dan asri ialah Cagar Alam Tangkoko. Anda bisa menemukan banyak hal baru seperti tarsius, mengamati kawanan burung endemik Sulawesi, dan lain sebagainya. Ada juga Gunung Tangkoko yang memiliki ketinggian 1.109 mdpl. Gunung ini biasa dijadikan tempat camping bagi para pendaki.(dea)