Ketatnya persaingan di industri perfilman membuat para sineas di Indonesia harus memutar otak untuk menciptakan sebuah karya menarik dan bisa laris manis di pasaran.

Dari tahun ke tahun, ternyata Indonesia memiliki berbagai film berkualitas yang sangat cocok ditonton oleh semua kalangan. Bahkan, ada sederet film yang mampu menembus box office di Amerika Serikat. Dilansir berbagai sumber, Selasa (27/01/2015), inilah 5 film Indonesia terbaik sepanjang masa.

1. The Raid

The Raid
The Raid

The Raid yang tayang di tahun 2012 menjadi salah satu film Indonesia terbaik sepanjang masa. Film ini dibintangi oleh Iko Uwais, Donny Alamsyah, Ray Sahetapi, dan Joe Taslim. Film yang disutradarai oleh Gareth Evans sukses mendapat penghargaan The Cadillac People’s Choice Midnight Madness Award. The Raid adalah film bergenre action yang diproduksi oleh Sony Pictures

2. Ada Apa Dengan Cinta?

AADC
AADC

Selanjutnya, film romantis karya Rudi Soedjarwo ini juga menjadi film Indonesia terbaik sepanjang masa. Film ini melibatkan bintang-bintang populer seperti Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Ladya Cherill, Adinia Wirasti, Titi Kamal, dan Sissy Priscillia. Tak hanya diputar di Tanah Air, film ini juga ditayangkan di berbagai negara termasuk Malaysia, Brunei, Filipina dan Singapura.

3. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi
Laskar Pelangi

Di urutan ketiga, Laskar Pelangi juga berhasil masuk dalam kategori film Indonesia terbaik sepanjang masa. Sebenarnya, film ini diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama. Film yang berasal dari novel karya Andrea Hirata bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan.

4. 5 CM

5 cm
5 cm

Layaknya Laskar Pelangi, film 5 cm juga diadaptasi dari sebuah novel berjudul serupa. Film arahan sutradara handal Rizal Mantovani dibintangi oleh sederet aktor dan aktris seperti Herjunot Ali, Fedi Nuril, Denny Sumargo, Raline Shah, dan Igor Saykoji. 5 cm juga berhasil masuk dalam kategori film Indonesia terbaik sepanjang masa.

5. Merantau

Merantau
Merantau

Film yang dibintangi oleh Iko Uwais berjudul Merantau juga masuk dalam jajaran film Indonesia terbaik sepanjang masa. Selain Iko, film ini juga dibintangi Uwais Qorny, Sisca Jessica, Christine Hakim, Donny Alamsyah, Yusuf Aulia, Laurent Buson, Alex Abbad, Mads Koudal, Ratna Galih, dan Yayan Ruhian. Merantau adalah film bergenre aksi yang disutradarai oleh Gareth Evans.

(nha)