(sumber: istimewa)

Selama ini, Johnny Depp dianggap sebagai salah satu aktor papan atas terbaik yang pernah dimiliki Hollywood. Meskipun belum pernah mendapat piala Oscar, film-film yang mendapuk Johnny sebagai bintang hampir selalu laris di pasaran. Peran-peran yang dipilih mantan suami Vannesa Paradis ini juga cukup beragam dan membuktikan kemampuan aktingnya yang juaraâ??dari menjadi Jack Sparrow yang aneh dan eksentrik Johnny Depp bisa menjadi tokoh mafia yang serius John Dilinger dalam filmnya Public Enemies.

Namun, akhir-akhir ini karier Johnny Depp diragukan, bahkan dapat dikatakan sedang terancam. Film terbarunya yang bergenre komedi, Mortdecai jeblok di pasaran dan membuat kemampuan Johnny dalam memilih film yang tepat untuk perkembangan kariernya dipertanyakan. Dalam 5 minggu perilisannya, Mortdecai hanya bisa menempati posisi 9 dalam tangga box-office dan cuma menghasilkan sekitar US$ 4.13 juta atau sekitar IDR 50 miliar. Ini tentu saja berarti defisit karena bujet yang telah dikeluarkan untuk pembuatan film ini adalah sekitar 750 miliar rupiah.

Beberapa faktor yang membuat film Mortdecai ini tak berhasil menarik banyak penonton salah satunya adalah humor yang ditampilkan di film yang disutrdarai oleh David Koepp ini tidak lucu dan bahkan garing. Mortdecai diberi rating R atau khusus untuk penonton dewasa di atas 17 tahun, namun kenyataannya apa yang didapat penonton jauh dari humor-humor dewasa yang bisa dengan mudah dinikmati seperti yang disuguhkan oleh film hampir serupa seperti Austin Powers ataupun Johnny English.

Beberapa kritikus menilai kalau Mortdecai hanya menawarkan lelucon-lelucon bodoh serta murahan dan terlalu sensitif untuk dapat diterima semua orang. Beberapa scene dalam film berdurasi 2 jam ini bahkan dianggap sangat menyebalkan. Cerita yang tak bermakna membuat kemampuan akting bintang sekelas Johnny Depp pun tak mampu menyelamatkan film keluaran Lionsgate ini.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya film yang dibintangi Johnny Depp menerima kritikan keras. Namun memang sekarang Mortdecai dianggap sebagai film paling buruk yang pernah dilakoni Johnny. Semoga saja di film-film berikutnya Johnny Depp yang akan keluar tahun ini seperti Black Mass dan London Fields dapat mengembalikan pamornya sebagai â??pemain watakâ?? papan atas Hollywood. (alo)